Jawa Pos

Modest Wear yang Nyaman

-

SURABAYA – Busana muslim bisa tampil lebih kece meski memakai bahan serat alam. Cuaca hangat yang menyelimut­i hampir seluruh kota di Indonesia membuat bahanbahan alam seperti katun, rayon, dan linen polyester jadi primadona

Bahan berserat alam memiliki karakter adem dan nyaman saat dikenakan. Hal tersebut menginspir­asi desainer Dibya Hodi dan Amelia Widagdo pada busana-busana yang dikeluarka­n saat Ramadan kali ini.

Mengusung tema Shades of Ramadan, berbagai koleksi busana muslim sarimbit ibu dan anak dipamerkan. Langkah para model tampak energik membawakan busana ready-to-wear yang memang dibuat dengan model simpel.

Busana didominasi model twopiece yang terdiri atas atasan dan bawahan kulot. Ibu-ibu seneng kulot. Pastinya adem. Nggak ketat. Kita bisa sejenak melepaskan jins yang kaku dan keras,’’ tutur Dibya saat ditemui pada trunk show di Club House Grand Island, Pakuwon City.

Busana sarimbit ibu dan anak itu didominasi warna-warna soft. Di antaranya, biru muda, hijau lumut, tosca, dan cokelat. Warna soft yang cenderung terang, menurut Dibya, masih menjadi tren saat ini. Detail lipit dan kerut juga tampak mendominas­i hampir semua koleksi. Kerut biasa diterapkan pada lengan, perut, dan ujung celana. Penggunaan kerut di beberapa bagian juga menimbulka­n volume.

Pada event tersebut, Interim hanya mengusung modest wear yang menitikber­atkan kenyamanan. Brand hasil kolaborasi dari beberapa desainer tersebut tidak bereksplor­asi dengan hijab. Para model mengenakan balutan hijab klasik berwarna hitam polos. Hijab model itu cocok dipadukan ’’ dengan warna apa pun. Untuk kerudung, kami memang made by order. Untuk membuat kerudung dengan bahan yang sama (serat alam, Red), kami susah sekali bersaing dengan produk luar yang begitu merajai tanah air,’’ katanya.

Busana muslim yang dikenakan model merupakan hasil mix and match. Jadi, asal warnanya masuk, sah-sah saja mengganti-ganti atasan dan bawahan. Orang yang tidak tampil berhijab bisa hanya mengenakan coat. Bisa juga memakai atasan tanpa dalaman atau manset. ’’

Sebenarnya koleksi ini bukan pure busana muslim. Siapa saja bisa pakai karena potongan yang saya bikin cenderung kasual dan santai,’’ tambahnya. Target customer yang dituju Interim usia 25–40 tahun. (esa/c15/dos)

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? TETAP NYAMAN: Koleksi Interim yang memakai bahan alam menjadikan­nya nyaman dipakai. Pas untuk momen Ramadan hingga Lebaran.
GHOFUUR EKA/JAWA POS TETAP NYAMAN: Koleksi Interim yang memakai bahan alam menjadikan­nya nyaman dipakai. Pas untuk momen Ramadan hingga Lebaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia