Jawa Pos

Uji Urine Awak Bus Angkutan Lebaran

-

SURABAYA – Langkah antisipasi dilakukan Satreskoba Polrestabe­s Surabaya menjelang musim mudik Lebaran. Kemarin (12/6) polisi menguji urine sejumlah awak bus di Terminal Osowilangu­n.

Tes urine tersebut diikuti 14 sopir bus. Mereka diminta mengisi tabung kecil yang diberikan petugas dengan urine. Hasilnya, tak ada seorang pun yang terbukti menggunaka­n narkoba.

Pemeriksaa­n serupa bakal dilakukan di lokasi lain. ’’Kami tetap menggelar tes di beberapa terminal yang ada di Surabaya,” ujar Kasatresko­ba Polrestabe­s Surabaya AKBP Roni Faisal Saiful Faton.

Sasarannya sama. Polisi akan mengetes seluruh sopir bus angkutan Lebaran. ’’Selain luar kota, bus yang beroperasi di dalam kota bakal kami tes,” kata Roni.

Pihaknya tidak ingin sopir yang menggunaka­n narkoba lolos hingga menjalanka­n armada. Roni menargetka­n Lebaran tahun ini minim kecelakaan yang dipicu penggunaan narkoba oleh awak bus. ’’Kalian ini mengantar orang, jadi harus hati-hati,” tegas perwira dengan dua melati di pundak itu.

Selain terminal, pemeriksaa­n me- nyasar bandara. Tak sedikit kasus narkoba yang terungkap di bandara. ’’Kami segera berkoordin­asi dengan BNNP untuk melakukan hal itu. Kita lihat saja nanti,” tutur alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 2000 tersebut.

Tes urine di Terminal Osowilangu­n kemarin ternyata disambut positif oleh awak bus. Muhdi Anam, misalnya. ’’Saya senang sekali, jadi merasa diperhatik­an polisi,” ucapnya. Tes kemarin merupakan pengalaman pertama bagi Muhdi. ’’Hasilnya negatif,” imbuh pria 57 tahun itu.

Peredaran narkoba di kalangan sopir bus memang pernah terjadi. Pelakunya selalu memiliki alasan serupa. Yakni, untuk menambah stamina. Muhdi pun tidak menampik kondisi tersebut. Dia kerap mendengar ada sopir yang mengonsums­i narkoba. ’’Tapi, saya tidak pernah lihat langsung. Ya cuma tahu kalau ada yang pakai,” kata sopir bus dengan trayek Bojonegoro–Surabaya itu.

Bagi Muhdi, menjalanka­n armada saat Lebaran memang memerlukan persiapan. Salah satunya, menambah waktu istirahat lebih daripada biasanya. ( bin/c18/fal)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? ANTISIPASI: Belasan sopir bus mengikuti tes urine yang dilakukan oleh Satreskoba Polrestabe­s Surabaya di Terminal Osowilangu­n.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ANTISIPASI: Belasan sopir bus mengikuti tes urine yang dilakukan oleh Satreskoba Polrestabe­s Surabaya di Terminal Osowilangu­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia