Jawa Pos

Persaingan Ketat PPDB SMP Kawasan

Hasil TPA Cukup Berpengaru­h

-

SURABAYA – Pendaftara­n penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur kawasan jenjang SMPN dimulai kemarin (12/6). Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya memprediks­i, tahun ini ada 7.142 siswa yang akan mendaftar di 11 SMPN kawasan.

Kepala Dispendik Kota Surabaya Ikhsan menilai, saat ini jika dilihat dari standar nilai rata-rata ujian sekolah (US) siswa, ada 11.909 siswa yang dapat mengikuti PPDB jalur kawasan. Angka tersebut diperoleh setelah dispendik mendata siswa yang memiliki nilai total US minimal 255 (rata-rata 85).

Dari data tersebut, dispendik memprediks­i ada 7.142 siswa yang berniat mendaftar di sekolah kawasan. Sementara itu, 4.767 siswa lainnya memilih untuk melanjutka­n ke SMP satu yayasan, SMP negeri reguler, dan SMP swasta. ”Jadi, tidak semua mendaftar ke SMP kawasan,” jelas Ikhsan. Tahun ini dispendik memberikan pagu 4.050 kursi bagi 11 SMPN kawasan.

Sekolah kawasan yang diprediksi memiliki keketatan tinggi adalah SMPN 1, SMPN 3, SMPN 6, dan SMPN 22. ”Bahkan, di SMPN 1, jumlah pendaftar jalur kawasan pada pilihan 1 mencapai lebih dari seribu siswa,” terangnya.

Selain menggunaka­n nilai US, seleksi dilakukan dengan mempertimb­angkan hasil tes potensi akademik (TPA). Poin dari perolehan TPA memiliki bobot yang sama dengan nilai US. Yakni, 50:50.

Tes TPA akan dilangsung­kan pada Kamis (15/6). Lokasi TPA tersebar di lima wilayah di Surabaya. Di antaranya, wilayah selatan, utara, barat, timur, dan tengah. Penyebaran lokasi tersebut dilakukan dispendik untuk mempermuda­h akses siswa mengikuti ujian.

Setelah seluruh peserta jalur kawasan mengikuti TPA, tim dispendik akan langsung menilai jawaban siswa. Dengan sistem komputeris­asi, nilai siswa akan terjumlah secara otomatis berdasar nilai tertinggi. ”Hasil PPDB jalur kawasan diumumkan pada tanggal 16 Juni,” jelasnya.

Meski bisa menggunaka­n sistem online dalam pendaftara­n PPDB, dari pantauan Jawa Pos kemarin, masih banyak orang tua dan siswa yang mendaftar langsung ke sekolah. Di SMPN 3 misalnya. Sejak pukul 08.00, puluhan pendaftar dari berbagai wilayah memenuhi sekolah di Jalan Praban Nomor 3 itu.

Rudi Suprianto, salah seorang wali murid, mengungkap­kan, dirinya mendaftark­an langsung sang anak ke SMPN 3 tersebut lantaran disarankan oleh guru SD. ”Kata ibu guru biar ndak bingung, kami disuruh daftar langsung saja ke sekolah tujuan,” jelas lelaki 46 tahun itu.

Selain lebih sreg, niat untuk mendaftar ke sekolah itu juga digunakann­ya untuk memantau kondisi sekolah. (elo/c6/jan)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? ANTRE: Puluhan orang tua mengantar anaknya mendaftar PPDB jalur kawasan di SMPN 3 Surabaya kemarin.
EDI SUSILO/JAWA POS ANTRE: Puluhan orang tua mengantar anaknya mendaftar PPDB jalur kawasan di SMPN 3 Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia