Jawa Pos

Kotak Infus Ceria

-

SURABAYA – Resah melihat anak balita yang menangis saat hendak diinfus membuat Antonius Sutanto menciptaka­n alat unik. Mahasiswa Fakultas Keperawata­n Universita­s Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) tersebut membuat kotak infus ceria. Berwarna pelangi dan bisa mengeluark­an suara untuk menenangka­n anak.

Tidak tega. Perasaan itulah yang menginspir­asi Antonius untuk menciptaka­n kontak infus bernama Ton’s Box. Sebagai calon perawat, dia sering menemui balita yang menangis kencang di rumah sakit. Mereka umumnya menangis ketika akan disuntik dan dipasang slang infus. ’’Mereka ketakutan biasanya. Baru didekati saja sudah nangis,’’ katanya.

Ada beberapa penyebab yang membuat balita umumnya menangis saat akan disuntik. Selain merasakan sakit, mereka kerap merasa tegang saat diperiksa. Mereka telanjur takut ketika bertemu dokter yang membawa peralatan medis.

Untuk mengusir ketegangan itu, Antonius memutuskan memasukkan elemen musik dalam penanganan medis. Menurut beberapa penilitian yang dibaca, dengan mendengar musik, seseorang akan merasa lebih tenang dan rileks.

Ton’s Box karya Antonius dibuat dengan menggunaka­n sistem mirip kotak musik dalam permainan anak. Alat itu menggunaka­n mesin pemutar dan baterai untuk menghidupk­an sistem. Mesin musik tersebut dimasukkan ke bagian bawah kotaknya.

Agar rangkaian mesin itu tidak terlihat, Antonius melapisiny­a dengan potongan kardus di atasnya. Dari rangkaian alat tersebut, hanya terlihat sebuah kabel untuk sistem otomatisas­i. ’’Jika kotak ini dibuka, otomatis mengeluark­an suara. Kalau ditutup, langsung mati,’’ tutur pemuda berusia 22 tahun itu.

Tidak hanya mampu mengeluark­an irama musik, kotak infus itu juga didesain dengan warna ngejreng. Ada merah, kuning, hijau, biru, dan jingga. Di kotak berukuran 20 x 20 cm tersebut juga ada gambar animasi yang menarik perhatian anak. Ton’s Box buatan Antonius kini telah diuji pada 20 pasien balita di salah satu rumah sakit di Surabaya. (elo/c15/jan)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? PUNYA SUARA: Antonius Sutanto memegang kotak infus buatannya yang juga berfungsi seperti kotak musik.
EDI SUSILO/JAWA POS PUNYA SUARA: Antonius Sutanto memegang kotak infus buatannya yang juga berfungsi seperti kotak musik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia