Jawa Pos

Arisan di Rumah, Senang Makan Ramai-Ramai di Tambak

Kerap dipandang sebagai komunitas sosialita ”kelas atas” yang hanya pandai bersolek, mereka tak berkecil hati. Seabrek kegiatan sosial, agama, dan pengembang­an diri terus ditekuni. Mereka hanya ingin selalu berguna bagi masyarakat Kota Delta.

- ARISKI PRASETYO HADI

TAMPILAN ruang sidang paripurna DPRD Sidoarjo tampak berbeda dari biasanya pada Kamis (8/6). Kursi yang biasanya memenuhi ruang sidang disingkirk­an. Di bagian belakang, tergelar karpet hijau tua. Di dinding, tertempel spanduk buka bersama DPRD Sidoarjo dengan anak yatim.

Sejam menjelang buka puasa, ibu-ibu datang dengan membawa berbagai macam penganan. Mulai sate ayam, sate kambing, capcai, nasi goreng, hingga ayam goreng. Tampak nikmat menggugah selera.

Tidak hanya membawa makanan, 30 perempuan itu juga bahu-membahu menata bawaan. Ya, mereka membawa bingkisan berupa tas sekolah. Jumlahnya berkisar 30 tas. Semua akan dibagikan kepada anak-anak yatim yang hadir. Mendekati waktu berbuka, ruangan bertambah ramai. Kini sejumlah anggota dewan turut bergabung.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran. Suasana menjadi khusyuk. Setelah itu, acara dilanjutka­n dengan sambutan dari Ketua DPRD Sullamul Hadi Nurmawan. Dalam sambutanny­a, pria yang akrab disapa Wawan itu menjelaska­n bahwa kegiatan berbuka bersama anggota dewan tersebut sengaja dibuat sederhana. ”Kami ingin berbagi dengan anak yatim,” katanya. Setelah berbuka, satu per satu anak yatim yang masih duduk

di bangku SD tersebut menerima bingkisan tas dan alat tulis. Bantuan itu diberikan Ketua Persatuan Istri Anggota DPRD Fitrianti Ismet Nurmawan. Dari namanya sudah bisa ditebak, dia adalah istri Wawan.

Ya, kegiatan buka bersama tersebut memang digagas Persatuan Istri Anggota DPRD Sidoarjo. Kegiatan sosial itu dilakukan setiap bulan puasa. Para istri wakil rakyat tersebut menyumbang panti asuhan serta anak yatim.

Fitrianti menyatakan, perhimpuna­n istri anggota dewan didirikan sebagai ajang komunikasi. ”Saya menjabat ketua sejak 2015,” ucapnya. Alumnus Universita­s Pan- casila Jakarta itu mengungkap­kan, persatuan istri anggota DPRD tersebut memiliki beragam kegiatan. Di antaranya, beauty

class, outbound, dan seminar-seminar untuk meningkatk­an kemampuan.

Kegiatan sosial juga tidak ketinggala­n. Misalnya, tahun lalu mereka memberikan sumbangan kepada korban puting beliung di Krian. Para istri dewan itu langsung turun ke lapangan selang dua hari setelah kejadian. Setelah mendengar adanya bencana tersebut, dia melontarka­n ide memberikan bantuan kepada korban bencana Krian lewat grup

WhatsApp. Gayung bersambut, mayoritas mendukung usulan itu.

Selang sehari, bantuan terkumpul. Ada sembako, uang, obat-obatan, dan pakaian. Saat menyumbang, para istri anggota dewan itu datang sendiri ke lokasi. Mereka berbincang dengan korban. Mendengark­an keluh kesah warga yang rumahnya hancur.

Urusan arisan juga tak ketinggala­n. Digelar sebulan sekali. Bukan di hotel, melainkan di rumah anggota dewan. Digilir satu per satu. Fitrianti menuturkan, acara arisan itu sengaja digelar dengan sederhana. ”Kami malah senang makan sederhana di tambak,” tutur perempuan kelahiran Jakarta, 28 Agustus 1978, tersebut.

Dia mengakui bahwa masih ada sebagian kalangan yang memandang komunitas istri anggota dewan itu layaknya sosialita. Kesan glamor selalu terlihat. Meski begitu, Fitrianti dan teman-temannya tak terpengaru­h. Mereka justru sering menggelar baksos dan memberikan sumbangan kepada warga yang tidak mampu atau sedang ditimpa bencana. ”Lewat kegiatan itu, kami buktikan bahwa istri dewan bukan sosialita,” tegasnya.

Salah satu fungsi persatuan istri anggota DPRD Sidoarjo itu adalah menjaga silaturahm­i. Mereka tidak mengurusi agenda politik di gedung dewan. Meskipun para suami sedang panas lantaran berbeda pendapat, para istri tetap adem ayem. ”Kami tidak mau terpengaru­h kondisi di dewan,” pungkasnya, lantas tersenyum. (*/c16/pri)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SELALU KOMPAK: Para istri anggota dewan juga ikut menjaga silaturahm­i dari jalur ‘’non politik’’. Foto kanan, Ketua Persatuan Istri Anggota DPRD Sidoarjo Fitrianti Ismet Nurmawan memberikan bingkisan kepada anak yatim dalam acara buka puasa bersama di...
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SELALU KOMPAK: Para istri anggota dewan juga ikut menjaga silaturahm­i dari jalur ‘’non politik’’. Foto kanan, Ketua Persatuan Istri Anggota DPRD Sidoarjo Fitrianti Ismet Nurmawan memberikan bingkisan kepada anak yatim dalam acara buka puasa bersama di...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia