Jawa Pos

Golkar Godok Nama-Nama Pengganti

-

KARIR politik Khoirul Huda di Partai Golkar, tampaknya, bakal tamat. Sebab, DPD Partai Golkar Sidoarjo sudah berancang-ancang mencopot pria yang kini mendekam di Lapas Kelas II-A Delta Sidoarjo itu.

Ketua DPD II Partai Golkar Sidoarjo Warih Andono menuturkan, saat ini partai melakukan evaluasi mengenai posisi Huda. Baik di internal partai berlambang beringin itu maupun DPRD Sidoarjo. Evaluasi tersebut dilakukan agar penahanan Huda tidak berdampak pada partai. ” Tujuannya, partai tetap bisa berjalan,” ujarnya kemarin (12/6).

Mantan anggota Komisi A DPRD Sidoarjo itu menyatakan, di internal partai, jabatan Huda sebagai sekretaris DPD Golkar Sidoarjo sudah dicopot. Untuk pengganti Huda, pihaknya masih mengusulka­n ke DPD Golkar Jatim. ”Untuk sementara waktu, akan di-Plt dulu,” jelasnya.

Sama halnya dengan jabatan Huda di DPRD Sidoarjo. Selama ini mantan koordinato­r korban lumpur itu memiliki sederet jabatan. Di antaranya, ketua Fraksi Golkar Bintang Persatuan, sekretaris Komisi B DPRD Sidoarjo, anggota Badan Pembentuka­n Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sidoarjo, dan anggota badan anggaran (banggar). ”Jabatan itu juga akan kami evaluasi,” ucapnya.

Berdasar informasi yang dihimpun, elite Partai Golkar Sidoarjo menggelar rapat tertutup di The Sun Hotel pada Minggu (11/6). Agendanya khusus membahas nasib Huda dan menentukan siapa yang bakal menempati posisi mantan dosen Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida) tersebut di DPRD Sidoarjo.

Kabar yang beredar, DPD Golkar telah menyiapkan sejumlah nama. Anggota Komisi A DPRD Sidoarjo Ali Sutjipto diminta mengisi posisi Huda sebagai sekretaris komisi B. Selanjutny­a, M. Nizar, sekretaris komisi C, bakal duduk dalam keanggotaa­n banggar. Sementara itu, posisi ketua fraksi dan anggota bapemperda dipasrahka­n kepada anggota Komisi A Hadi Subiyanto.

Saat dimintai konfirmasi, Warih mengakui bahwa siapa saja yang bakal mengambil alih beberapa posisi Huda di DPRD masih digodok partai. Saat ini partai berfokus menyiapkan rapat kerja daerah (rakerda). ”Pemilihan pengganti Huda masih kami pikirkan,” tuturnya. (aph/c16/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia