Jawa Pos

Gandeng SCF, Ajarkan Anak Pilah Sampah

-

SIDOARJO – Memanfaatk­an waktu ngabuburit, para anggota Zero Waste 2016 Squad berbagi ilmu mengenai pengolahan sampah kering. Mereka mengganden­g komunitas Street Children Foundation (SCF) Sidoarjo.

Berlokasi di Alun-Alun Sidoarjo, para anggota Zero Waste 2016 Squad melakukan sosialisas­i sambil lesehan di atas tikar. Anak binaan dari SCF yang hadir diajari cara memilah sampah dan mendaur ulang sampah plastik. Mereka juga diajari cara membuang sampah sesuai jenisnya di tempat yang tepat.

Anggota Zero Waste 2016 Squad Aninda Violin Biru dan Rachmawati Uswatul Lutfiah terlihat menjelaska­n jenis-jenis sampah kepada anak binaan SCF. ’’ Hayo, perhatikan langkahnya. Sekarang menganyam dulu,’’ kata Biru.

Setelah itu, Dian Novalisa, anggota lain, memberikan arahan kepada anak-anak untuk membuat kreasi daur ulang dari kemasan plastik bekas. Mereka mempraktik­kan cara membuat ikan yang diisi dakron. Anakanak terlihat mengikuti teknik pembuatann­ya dengan sabar. Didampingi para anggota Zero Waste 2016 Squad, mereka sedikit demi sedikit bisa membuat gantungan kunci berbentuk ikan dari sampah kering itu.

Ketua SCF Reza Yuanita mengatakan sangat senang bisa berkolabor­asi dengan kawan-kawan dari Zero Waste 2016 Squad. Sebab, dia dan komunitasn­ya juga memiliki kurikulum pembelajar­an yang bertema menjaga lingkungan. Karena itu, saat Zero Waste Squad mau mengadakan kegiatan bareng, Reza pun langsung setuju.

’’ Aku rasa pas banget. Jadi melatih mereka peka sama persoalan sampah. Aware sama kebersihan,’’ ucapnya. Kegiatan tersebut diakhiri buka puasa bersama. Canda dan tawa anak-anak yang riang karena bisa membuat kreasi daur ulang mewarnai suasana buka puasa bersama. (via/c15/ai)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BAGI ILMU: Aninda Violin Biru memberi contoh membuat gantungan ikan dari bahan plastik bekas di Alun-Alun Sidoarjo.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BAGI ILMU: Aninda Violin Biru memberi contoh membuat gantungan ikan dari bahan plastik bekas di Alun-Alun Sidoarjo.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia