Jawa Pos

Merasakan Jadi Santri Selama Tiga Hari

Sekolah makin kreatif dalam mengadakan acara pondok Ramadan. Ada yang mendatangk­an narasumber polisi, TNI, dan BNN. Ada pula sekolah yang mengajak siswanya menjadi santri pesantren.

-

SEJAK 2011 kegiatan pondok Ramadan SMAN 3 Sidoarjo selalu diselengga­rakan di luar sekolah. Siswa diajak merasakan menjadi santri pondok pesantren. Siswa menetap di pesantren selama tiga hari. ”Pada 2011 kami semua me n g i nap dan belajar di Pesantren Hida ya tullah, Kota Batu,” jelas Sri Wulandari, guru agama SMAN 3 Sidoarjo.

Mereka juga pernah mengadakan pondok Ramadan di Pesantren Nurul Haromain di Pujon, Kabupaten Malang, dan Pesantren Al Rifa’ie di Gondangleg­i, Kabupaten Malang. Tahun ini 690 siswa kelas X dan XI mengikuti acara serupa di Pesantren Bumi Shalawat, Kecamatan Sidoarjo. Acara tersebut berlangsun­g mulai Minggu (11/6) hingga hari ini (13/6). ”Kegiatanny­a diisi tausiah untuk memotivasi siswa terkait masa depannya,” ujar Wulandari. Siswa dikondisik­an untuk terbiasa mengaji. ”Biar cinta pada Alquran,” lanjutnya.

Kebiasaan lain yang ditempa adalah salat tepat waktu maupun adab kesopanan saat bertemu rekan dan guru. ”Ada kadang yang masih lupa, keluar kamar langsung nyelonong tidak pakai kerudung,’’ kata pendamping kamar dari Pesantren Bumi Shalawat Selvi Dewi. ’’Kalau menemukan yang seperti itu, langsung kami nasihati. Dengan begitu, jadi terbiasa berkerudun­g,’’ lanjutnya.

Lain halnya di SMK Krian 1. Selama dua minggu penuh, mulai Senin ( 5/ 6) hingga Jumat ( 16/ 6), kegiatan pondok Ramadan di lak sanakan di sekolah. Beragam materi keagamaan diberikan. Agar tidak bosan, kegiatan ter sebut juga di selingi penyuluhan terkait dengan bahaya pe nya lah gunaan narkotika dan kenakalan remaja. Materi itu di be rikan pe tugas dari Polsek Krian dan Ko ramil Krian.

Mereka juga diimbau agar tidak ikut-ikutan paham radikal. Harus pintar-pintar pilih teman. ”Biar efektif belajarnya, mereka yang ikut kegiatan ini digilir. Setiap hari ada tiga kelas yang mengikuti,” ujar Waka Kesiswaan SMK Krian 1 Indra Wahyu Suliswanto.

Mereka harus hadir di sekolah mulai pukul 07.30 hingga 15.30. Pada Sabtu, digelar acara bagibagi makanan plus berbuka puasa bersama. ”Ada buku kurikulumn­ya sendiri selama kegiatan,” jelas Indra. Di antaranya, kurikulum tentang keimanan dan ketakwaan, puasa wajib dan sunah, serta zakat dan akhlak. (uzi/c7/ai)

 ?? SHELA NOVITALIA/JAWA POS ?? PONDOK RAMADAN: Siswa SMAN 3 Sidoarjo mengaji bersama di Pesantren Progresif Bumi Shalawat. Mereka berada di sana selama tiga hari dua malam.
SHELA NOVITALIA/JAWA POS PONDOK RAMADAN: Siswa SMAN 3 Sidoarjo mengaji bersama di Pesantren Progresif Bumi Shalawat. Mereka berada di sana selama tiga hari dua malam.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia