Jawa Pos

Sadar Bunuh Istri, Ngaku Khilaf

Polisi Nyatakan Kondisi Psikologis Rois Baik

-

GRESIK – Polisi memastikan kondisi psikis Ilham Rois baikbaik saja. Dugaan polisi semakin kuat bahwa lelaki 41 tahun itu dengan sadar membunuh Utie Aristanti, istrinya, secara sadis. Dia mengaku khilaf.

Wakapolres Kompol Wahyu Priesta Utama menyatakan, kondisi mental tersangka cukup baik kemarin. ’’Tidak ada gangguan psikologis,’’ ujar mantan Kasatlanta­s Polresta Sidoarjo tersebut.

Dalam rekonstruk­si Minggu siang (11/6), polisi dan warga menyaksika­n sendiri betapa bengisnya cara Rois menghabisi Santi, 40, yang telah memberinya tiga anak. Setelah disetubuhi, Santi ditampar dan dicekik hingga lemas. Lalu, lelaki itu menyiramka­n pertamax ke sekujur tubuh korban, kemudian membakarny­a hidup-hidup.

Rois murka karena menduga istrinya telah berselingk­uh. Menurut kuasa hukum Rois, Willem Mintarja, kliennya mengaku sangat menyayangi istrinya. ’’Karena itulah dia menyesali perbuatann­ya,’’ katanya kemarin (12/6).

Rasa sayang itu membuat Rois kerap menyesali perbuatan yang sudah dilakukan. Willem menilai perbuatan tersebut tidak sengaja dilakukan. Bahkan, Rois mengalami persoalan kesehatan seperti sembelit di bagian perutnya. ’’Khilaf,’’ tegasnya.

Polisi telah menjerat Rois dengan tuduhan berlapis. Yakni, melanggar UU tentang Penghapusa­n Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) serta UU Pidana. Tepatnya pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Ancaman hukumanya bisa seumur hidup.

Kepada polisi, Rois mengaku sakit hati. Dia menuding Santi telah berselingk­uh dengan pria lain. Tiga pesan pendek (SMS) yang tidak terhapus di inbox HP Santi membuat Rois meradang. Ditambah adanya bekas cupang di atas bagian payudara, Rois semakin kalap. Dia pun membunuh Santi dengan sadis. Jasadnya ditemukan Supadi, 63, petani desa setempat, dalam kondisi tertelungk­up di dalam parit. Tanpa busana dengan tubuh gosong. (yad/c15/roz)

Tidak ada gangguan psikologis.” Kompol Wahyu Priesta Utama Wakapolres Gresik

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? DIKELER: Polisi mengawal tersangka Ilham Rois saat pergi menuju lokasi pembunuhan dan balik ke Mapolres Gresik.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS DIKELER: Polisi mengawal tersangka Ilham Rois saat pergi menuju lokasi pembunuhan dan balik ke Mapolres Gresik.
 ?? REPRO ADI WIJAYA/JAWA POS ?? TERSANGKA: Ilham Rois.
REPRO ADI WIJAYA/JAWA POS TERSANGKA: Ilham Rois.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia