Jawa Pos

Bunga dan Aksesori dari Clay

-

SURABAYA – Karena bersifat lunak, clay mudah dibentuk menjadi apa pun. Terlebih, clay dibuat dalam banyak warna dan jenis. Bagi sebagian orang yang suka dengan kerajinan,

clay dijadikan bahan untuk membuat tiruan benda.

Felicia Agustine Sutanto membikin bunga berbahan clay. Satu per satu kelopak bunga dirangkain­ya menjadi bunga yang cantik. ’’Bikinnya memang harus satu-satu. Lalu, digabungka­n dengan perekat,’’ jelas perempuan 23 tahun tersebut kemarin (12/6). Menurut dia, bunga berbahan

clay itu menarik karena banyak warna dan tahan lama. ’’Bentuknya juga mirip asli,’’ ucap Felicia. Jika tidak diperhatik­an detail, orang tidak paham bahwa itu tiruan.

Ada dua jenis clay yang digunakan Felicia. Yakni, air dry dan polymer

clay. Dua jenis tersebut sama-sama awet. Hanya, pembuatann­ya berbeda. Jenis air dry memiliki bentuk yang lebih lunak daripada polimer. ’’ Jadi, lebih gampang untuk membentuk kelopak bunga. Lengkungan mudah terbentuk,’’ terang perempuan kelahiran Surabaya, 15 Agustus 1993, tersebut. Selain itu, jenis air dry tahan air. Felicia menganjurk­an clay segera dilap bila terkena air. Sebab, ia akan cepat kering. ’’Warnanya tidak luntur,’’ katanya. Jika dilihat dari pembuatann­ya, polimer membutuhka­n waktu lebih lama daripada bunga berbahan air dry clay. Sebab, setelah dibentuk, polymer clay harus dipanaskan dalam oven selama 30 menit. Kalau sudah selesai, diamkan polymer clay hingga bersuhu ruangan. Setelah itu, Felicia merangkai satu per satu bagian bunga. ’’Mahkotanya, tangkai, dan daun direkatkan dengan perekat,’’ terangnya.

Agar bunga dari clay terlihat makin hidup, Felicia menambahka­n kupu-kupu yang juga terbuat dari

clay. Dia meletakkan kupu-kupu tersebut di atas kelopak bunga. Felicia mulai belajar berkreasi dengan clay, khususnya berbentuk bunga, sejak tiga bulan terakhir. ’’Otodidak sih,’’ ujarnya.

Sementara itu, Laurencia Jap menggunaka­n clay sebagai liontin. Terutama clay berkarakte­r tokoh animasi. ’’Lucu-lucu. Saya juga suka memakainya sampai seka

rang,’’ ungkap perempuan 22 tahun tersebut.

Banyak macam karakter clay yang dipakai Lauren dalam desainnya. Di antaranya, karakter Barbie,

mermaid, Trolls, dan My Little Pony. Karakter-karakter itu lantas dirangkai Lauren dengan manikmanik hingga menjadi gelang, kalung, maupun anting.

Dia memilih manik-manik berwarna-warni. Ketika manik-manik sudah dirangkai menjadi aksesori, bentuknya menarik. Kesan aksesoriny­a kasual sehingga lebih pas dikenakan saat hang out bareng teman atau keluarga. (bri/c14/jan)

 ??  ?? TINGGAL PILIH: Laurencia Jap membuat aksesori seperti gelang, kalung, dan anting dari manik-manik serta hiasan liontin dari clay.
TINGGAL PILIH: Laurencia Jap membuat aksesori seperti gelang, kalung, dan anting dari manik-manik serta hiasan liontin dari clay.
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? INI TIRUAN: Felicia Agustine Sutanto mempelajar­i seni kerajinan dengan clay sejak tiga bulan lalu. Dia paling jago membuat tiruan bunga mawar.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS INI TIRUAN: Felicia Agustine Sutanto mempelajar­i seni kerajinan dengan clay sejak tiga bulan lalu. Dia paling jago membuat tiruan bunga mawar.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia