Jawa Pos

Memahami Identitas Kaum Muda Melalui Sepak Bola

Dengan bertutur tentang Persela, buku ini memberikan gambaran perubahan di lapangan hijau Indonesia setelah reformasi. Persela membentuk identitas Lamongan yang sebelumnya mengacu kepada Persebaya dan Bonek.

-

PADA era Orde Baru, secara lebih khusus lagi di masa Perserikat­an, sepak bola di Indonesia lebih merupakan representa­si provinsi ketimbang kabupaten atau kota. Jadilah Persebaya Surabaya, Persib Bandung, PSMS Medan, PSM Makassar, PSIS Semarang, dan Persipura Jayapura tidak sekadar mewakili Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, Semarang, dan Jayapura.

Bahkan lebih dari sebagai representa­si identitas kewilayaha­n. Klub di masa Perserikat­an adalah representa­si identitas kesukuan.

Persebaya dan PSIS, misalnya, adalah identitas suku Jawa. Persib diakui secara luas sebagai identitas suku Sunda; PSMS mewakili identitas suku Batak; PSM mewakili suku Bugis, Makassar; dan Persipura adalah simbol suku-suku di Papua. Karena itu, tidak mengherank­an, putaran final Perserikat­an di Senayan sekaligus juga perayaan identitas kesukuan mereka.

Kebijakan Orde Baru yang sentralist­is agaknya berimplika­si pada ranah sepak bola. Sepak bola disentrali­sasi di pusat pemerintah­an provinsi. Para pengurus klub umumnya berasal dari pejabat pemerintah­an provinsi, ibu kota provinsi, dan pejabat militer di daerah.

Sebagaiman­a kebijakan politik massa mengambang ( floating mass) yang membatasi partai politik agar tidak mengakar sampai tingkat desa, Orde Baru membatasi sepak bola hanya sampai tingkat provinsi. Umumnya, klub Perserikat­an di luar ibu kota provinsi hanya mampu bersaing di tingkat Divisi 1. Atau jika berada di Divisi Utama, kesulitan menembus putaran final.

Reformasi 1998 tiba-tiba mengubah wajah sepak bola Indonesia dan identitas yang melekat dengannya. Klub Perserikat­an yang pada awalnya tidak banyak dikenal menyeruak dalam peta sepak bola nasional.

Terutama karena kejelian bupati atau wali kota yang melihat sepak bola sebagai aset daerah yang memiliki nilai politik dan ekonomi. Perlu dicatat, sampai sebelum tahun 2011, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) bisa dialokasik­an untuk menghidupi klub sepak bola profesiona­l. Kuasa kepala daerah yang dilegalisa­si oleh lembaga legislatif di tingkat daerah menghidupi klub dengan anggaran negara yang tidak sedikit.

Persela Lamongan adalah salah satu klub Perserikat­an yang menjadi buah reformasi. Bupati Lamongan Masfuk membangunk­an Persela. Klub itu sebenarnya berdiri sejak 1967, tapi kiprahnya tidak banyak dikenal sampai datangnya tangan dingin Masfuk.

Dalam kata pengantarn­ya untuk Persela Menegaskan Identitas Kami karya Miftakhul Fahamsyah, Masfuk menulis, ”Dan untuk memulai itu, tentu saya harus menggelora­kan dulu semangat aparat pemerintah. Menggelora­kan semangat masyarakat. Menggelora­kan rasa bangga memiliki identitas Lamongan.”

Miftakhul secara bernas mendeskrip­sikan bagaimana identitas Lamongan terbentuk seiring bangkitnya Persela. Pada masa sebelumnya, identitas sepak bola Lamongan adalah identitas Persebaya, sebagaiman­a terjadi juga di kota dan kabupaten lain di Jawa Timur.

Persela menawarkan identitas baru bagi Lamongan. Identitas itu berwujud klub bernama Persela yang memiliki julukan Laskar Joko Tingkir, warna biru muda, pemain lokal yang loyal seperti Choirul Huda, dan komunitas fans bernama LA Mania.

Miftakhul menuliskan bagaimana sejarah komunitas fan club itu terbentuk (halaman 11–15). Kaum muda menjadi motor pembentuka­n ko- munitas itu segera setelah Masfuk menggerakk­an struktur aparat pemerintah Lamongan untuk menggelora­kan Persela.

Secara sosiologis, temuan Miftakhul itu bisa dianalisis sebagai berikut. Tindakan yang dilakukan Masfuk bisa dipahami dengan struktural­fungsional ala August Comte. Komponen struktur bisa mengubah perilaku individu.

Di sisi lain, tindakan kaum muda di Lamongan dengan membentuk LA Mania bisa dipahami dengan pemikiran Max Weber. Weber menekankan peran aktif individu dalam proses sosial yang mampu mengubah kerja struktur sosial.

Dua aras itu didamaikan Anthony Giddens dengan teori strukturas­inya yang menekankan bahwa agen manusia secara berkelanju­tan mereproduk­si struktur sosial. Apa yang disebut Giddens itu bisa dilihat ketika Miftakhul memaparkan kelahiran sayap baru fans Persela yang bernama Curva Boys 1967.

Secara antropolog­is, Fim –sapaan akrabnya– menarasika­n perilaku kelompok fans bergaya ultras. Setelah Miftakhul F.S. merayakan sepak bola Lamongan, kini saatnya Anda menulis tentang klub dan fans di kota Anda masing-masing agar buku tentang sepak bola lokal serta fansnya tidak lagi langka. (*)

 ??  ??
 ??  ?? Dosen Ilmu Komunikasi Universita­s Muhammadiy­ah Yogyakarta, peneliti fans sepak bola FAJAR JUNAEDI
Dosen Ilmu Komunikasi Universita­s Muhammadiy­ah Yogyakarta, peneliti fans sepak bola FAJAR JUNAEDI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia