Jawa Pos

Siagakan 27 Ambulans dan Tenaga Medis

Dinkes Antisipasi Jalur Mudik Lebaran

-

MOJOKERTO – Menjelang arus mudik Lebaran tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto menyiagaka­n 27 ambulans dan 81 tenaga medis. Semuanya bakal disebar di sembilan titik vital yang dilalui jalur pemudik.

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto Didik Chusnul Yakin menyatakan, ambulans tersebut berasal dari tiap-tiap puskesmas di wilayahnya. Setiap ambulans dilengkapi dengan obat-obatan, peralatan medis, dan lima tenaga kesehatan. ”Mulai dokter, bidan, perawat, dan driver,” ungkapnya kemarin (16/6).

Kemarin pihaknya mengecek semua perlengkap­an dan kesiapan 27 ambulans itu. Rencananya, mereka diterjunka­n pada 19 Juli atau H-7 Lebaran hingga H+7. ”Tapi, sudah kami siapkan per hari ini (kemarin, Red),” ujarnya.

Menurut dia, setiap ambulans akan ditempatka­n di sembilan titik di jalur yang dilalui pemudik dan di tempat wisata. Enam di antaranya berada di wilayah kabupaten, yaitu simpang lima Kenanten, simpang tiga Jampirogo, simpang empat Trowulan, rest area Jembatan Timbang Trowulan, ruko Royal Mojosari, dan Pacet.

Sementara itu, tiga titik lainnya tersebar di wilayah hukum Polresta Mojokerto. Di antaranya, Jembatan Gajah Mada dan simpang empat PT Mertex. ”Ada juga di exit tol Sumo (Surabaya–Mojokerto, Red),” ucapnya. Di samping itu, 27 puskesmas disiagakan selama 24 jam, terutama puskesmas yang dilalui jalur mudik Lebaran.

Didik menambahka­n, setiap pos akan mengantisi­pasi adanya kejadian kegawatdar­uratan selama arus mudik berlangsun­g. Misalnya, mengangani kecelakaan atau kondisi kedarurata­n yang lain. Selain itu, pemudik bisa sekadar memeriksak­an kesehatan umum. Misalnya, cek tekanan darah atau gula darahnya sebelum melanjutka­n perjalanan.

Di setiap pos, akan dilakukan tiga kali rolling penjagaan. Tujuannya, menjaga kondisi petugas kesehatan agar tetap fit selama bertugas. ”Misalnya, di pos Kenanten, nanti rolling dari puskesmas Bangsal, Gayaman, dan Sooko,” terangnya.

Dia mengungkap­kan, pihaknya sudah berkoordin­asi dengan pihak rumah sakit (RS), baik RS pemerintah maupun swasta, untuk mengutamak­an pasien mudik selama dua pekan. (ram/ris/c24/end)

 ?? SOFAN/JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? BARU: Dinkes menyiapkan ambulans khusus untuk pelayanan kesehatan para pemudik di jalur yang melalui Mojokerto.
SOFAN/JAWA POS RADAR MOJOKERTO BARU: Dinkes menyiapkan ambulans khusus untuk pelayanan kesehatan para pemudik di jalur yang melalui Mojokerto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia