Jawa Pos

Tetap Kompetitif di Usia Senja

-

PERSAINGAN di ganda putra dunia saat ini kian kencang. Bukan hanya pasangan muda, pasangan veteran seperti Mathias Boe/Carsten Mogensen kini juga masih memberikan perlawanan kepada para ganda muda dunia. Bahkan, saat ini mereka tercatat sebagai peringkat teratas BWF (federasi bulu tangkis dunia).

Boe/Mogensen membuktika­n diri sanggup bersaing dengan ganda putra muda dari seluruh dunia. ’’Saya rasa saat ini mereka masih kompetitif. Buktinya, mereka menjadi nomor satu ganda putra dunia,” kata Thomas Stavngaard, salah seorang pelatih ganda putra Denmark, kepada Jawa Pos kemarin (17/6).

’’Tujuan besar mereka tahun ini tentu di Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow Agustus nanti,’’ bebernya. Usia mereka kini tidak lagi muda. Boe pada 11 Juli nanti berusia 37 tahun, sedangkan Mogensen tahun ini 34 tahun. Situasi tersebut tentu menjadi tantangan berat buat mereka.

Treatment penting dijalankan tim pelatih. Salah satu di antaranya, memilah dan memilih turnamen penting yang berpotensi bisa mereka maksimalka­n. Misalnya, di BCA Indonesia Open Superserie­s Premier 2017 kali ini. Mereka hari ini tampil di partai final ganda putra. Kemarin mereka menundukka­n Fajar Alfian/M. Rian Ardianto yang usianya belasan tahun lebih muda.

Terlebih lagi, Mogensen sempat menjalani operasi aneurisma (penggembun­gan pembuluh darah) di otak kanan setelah tampil di Kejuaraan Eropa 2016 yang berlangsun­g di Kazan, Rusia. Namun, yang menarik adalah pasangan tersebut bisa kembali tampil dengan konsisten.

Hingga kini, mereka berpasanga­n 13 tahun lamanya. Sejak 2004, keduanya tampil bahu- membahu mengejar prestasi dari level turnamen kecil hingga Olimpiade.

Perubahan persaingan ganda putra setelah Olimpiade Rio 2016 juga menjadi perhatian Boe/ Mogensen. ’’Itu normal karena banyak yang pensiun. Tetapi, situasi ini membuat persaingan menjadi lebih menyenangk­an, membuat kami lebih termotivas­i,’’ ungkap Mogensen.

Capaian terbaik mereka di pentas Olimpiade ialah merebut perak pada edisi 2012 London. Saat itu mereka takluk oleh superstar Tiongkok Cai Yun/Fu Haifeng, 16-21, 15-21. (nap/c4/ady)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? TUA-TUA KELADI: Pasangan Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen.
WAHYUDIN/JAWA POS TUA-TUA KELADI: Pasangan Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia