Jawa Pos

Catat Rekornas, Evato Tembus Kejuaraan Dunia

-

SINGAPURA – Harapan tim renang Indonesia untuk memperbaik­i perolehan medali di SEA Games makin melambung tinggi. Kiprah para perenang Indonesia di berbagai ajang uji coba menunjukka­n peningkata­n yang pesat. Buktinya, rekornas demi rekornas terus dipecahkan para penggawa pelatnas renang di ajang Neo Garden 13th Singapore National Swimming Championsh­ip.

Kemarin giliran Vanessae Evato yang berhasil memecahkan rekornas di nomor 50 meter gaya dada. Perenang 20 tahun tersebut berhasil membukukan catatan waktu 32,13 detik. Menajamkan catatan waktunya sendiri saat babak kualifikas­i 32,27 detik.

Dia pun menyabet medali perak setelah mengalahka­n perenang tuan rumah Christie May Chue Mun Ee yang mencatatka­n waktu 32,89 detik dan kalah cepat dari perenang Singapura lainnya Ho Ru’en Roanne ya n g mencatatka­n waktu 31,66 detik.

Dengan raihan tersebut, dia juga menahbiska­n diri untuk melenggang ke kualifikas­i kejuaraan dunia di Budapest Juli nanti. Limit waktu kualifikas­i kejuaraan dunia itu adalah 32,31 detik. ”Saya harap performa saya terus meningkat sampai kejuaraan dunia dan SEA Games nanti,” jelasnya.

Tidak kalah, Ressa Kania Dewi berhasil mencatatka­n rekornas di nomor 400 meter gaya bebas dengan 4 menit 17,92 detik. Menajamkan catatan waktunya sendiri di Kejurnas Palembang lalu dengan torehan 4 menit 19,75 detik.

Dengan raihan tersebut, dia berhasil menyabet emas setelah menaklukka­n perenang Thailand Ammiga Himathongk­om yang mencatatka­n waktu 4 menit 19,54 detik. Bukan kali ini saja Ressa memecahkan rekornas. Jumat (16/6) dia memecahkan rekornas di nomor 200 meter gaya bebas putri dengan catatan 2 menit 02,74 detik.

Rekornas baru juga ditorehkan para penggawa Merah Putih di nomor estafet 400 meter gaya bebas. Berisi Patricia Yosita Hapsari, Sagitaputr­i Krisdewant­i, Ressa Kania Dewi, dan Laila Siti Amina,Ami na, mereka mampu memecahkan rekornas dengan catatan waktu 3 menit 52,15 detik. Sebelumnya, rekor tersebut diraih pada Asian Games 2012. (tif/c24/ady)

 ??  ?? POTENSIAL: Vanessae Evato dengan medali perak Islamic Solidarity Games 2017.
POTENSIAL: Vanessae Evato dengan medali perak Islamic Solidarity Games 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia