Jawa Pos

Lepas Kangen, Santap Pecel Madiun

-

SURABAYA – Tanah kelahiran selalu membawa kesan tersendiri bagi siapa pun. Ikatan batin itu menjalar menjadi hubungan saudara antar sesamanya. Salah satunya, Paguyuban Madiun (Paguma) yang kemarin (17/6) mengadakan buka bersama sekaligus berbagi dengan anak yatim.

Acara itu dihadiri Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Pria kelahiran Madiun tersebut menjadi tamu istimewa. ’’ Terima kasih sudah diundang dan bisa kangenkang­enan,’’ kata Soekarwo. Pejabat yang biasa disapa Pakde Karwo itu mengapresi­asi berbagai program Paguma. Salah satunya, asrama putri yang sudah 90 persen terisi. Asrama tersebut ditujukan bagi warga Madiun, baik pelajar maupun bukan. ’’Sudah bagus ada kegiatan seni seperti gamelan dan ada majelis taklim juga. Nguri-uri kabudayan wonten ing Madiun (Sekaligus menjaga kebudayaan yang ada di Madiun, Red),’’ ujar pria yang juga menjabat pelindung Paguma itu.

Tiba saat berbuka, salah satu menu andalan yang jadi favorit adalah pecel madiun. Pecel yang dihidangka­n dengan cara dipincuk seketika tampak paling diminati. ’’Kalau buka, tidak lengkap kalau tidak makan pecel,’’ ucap Pakde Karwo yang disambut tawa para tamu yang datang.

Agenda tersebut menjadi kegiatan rutin Paguma. Tempatnya pun berpindah-pindah ke rumah anggota Paguma yang lain. ’’Kalau acara halalbihal­al, baru Pakde Karwo tuan rumahnya. Biasanya di Grahadi,’’ tutur Ketua Paguma Pranawa.

Paguma kini giat melakukan berbagai aktivitas. Rencananya, Paguma membangun asrama putra. ’’Kita masih punya utang sama Pakde Karwo, yaitu membangun asrama,’’ jelas Pranawa. (gal/c15/oni)

 ??  ??
 ?? ALEX QOMARULLA/ JAWA POS ??
ALEX QOMARULLA/ JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia