Jawa Pos

Awas, Mereka Pintarcari Rumah Kosong

Manfaat Ganda Musik Patrol

-

KOMBESPOL Himawan Bayu Aji yang baru dilantik sebagai Kapolresta Sidoarjo menekankan perlunya langkah antisipasi menjelang Lebaran. Menurut dia, pada musim mudik, mobilitas masyarakat akan lebih meningkat daripada hari biasa. ”Diperlukan langkah-langkah konkret dari jajaran kepolisian,” tuturnya.

Menurut Himawan, pihaknya bakal mengintens­ifkan kehadiran petugas di tengah kegiatan warga. Dia berharap keberadaan polisi bisa membuat para calon pelaku tindak pidana ciut nyali. Lulusan Akpol 1995 itu mengakui, sebagai kawasan yang bertetangg­a dengan Surabaya, Kota Delta memiliki kerawanan kriminalit­as cukup tinggi.

Kombespol Muhammad Anwar Nasir yang baru saja melepas tongkat komando Kapolresta Sidoarjo pada Kamis (15/6) membenarka­n bahwa tren kriminalit­as biasanya meningkat jelang Lebaran. Saat masih menjabat, dia sudah menginstru­ksi polsek jajaran agar melakukan langkahlan­gkah preemtif. Bentuknya berupa imbauan secara berkala terhadap masyarakat untuk selalu waspada. Harapannya, warga bisa menjadi polisi bagi diri sendiri.

Upaya lainnya ialah melaksanak­an langkah preventif seperti patroli. Juga meningkatk­an pengamanan di titik-titik rawan. Misalnya kawasan perumahan, toko emas, dan bank. Jika memang benar-benar diperlukan, petugas baru akan mengambil sikap represif. ”Beberapa hari sebelum hari raya biasanya juga akan ada operasi terpusat yang digelar,” ujar Anwar yang bakal mengemban tugas baru sebagai tenaga pendidik (gadik) utama Sespimma Sespim Lemdiklat Polri.

Anwar juga sudah mencanangk­an be- berapa inovasi penunjang untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan. Mulai menggelar lomba musik patrol keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sampai program peduli tetangga.

Menurut Anwar, musik patrol yang sudah menjadi identitas Kota Delta bukan hanya tradisi untuk membangunk­an orang menjelang makan sahur. Namun juga dapat mencegah kriminalit­as. ”Dilakukan secara rutin beramai-ramai bisa membuat pelaku kejahatan ciut nyali,” katanya.

Lomba inovasi peduli tetangga juga menjadi langkah antisipasi. Anwar sengaja mengajak masyarakat adu kreativita­s agar lingkungan­nya aman. (edi/c9/pri)

 ??  ?? AJAK DIALOG: Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Rochsulull­ah (dua dari kanan) menyambang­i satp pam dan warga Perumahan Kahuripan Nirwana Village pada Sabtu lalu (10/6).
AJAK DIALOG: Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Rochsulull­ah (dua dari kanan) menyambang­i satp pam dan warga Perumahan Kahuripan Nirwana Village pada Sabtu lalu (10/6).
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? KOMPAK MELANGKAH: Kombespol M. Anwar Nasir (kiri) bersama Kapolres Sidoarjo yang baru Kombespol Himawan Bayu Aji.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS KOMPAK MELANGKAH: Kombespol M. Anwar Nasir (kiri) bersama Kapolres Sidoarjo yang baru Kombespol Himawan Bayu Aji.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia