Jawa Pos

1.009 Siswa Tak Daftar Ulang

-

SIDOARJO – Proses daftar ulang penerimaan peserta didik baru (PPDB) Sidoarjo jenjang SMP telah berakhir kemarin (17/6). Ternyata banyak calon peserta didik baru yang telah diterima di SMP negeri tidak melakukan daftar ulang. Total ada 1.009 calon peserta didik baru yang memilih mundur.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo Mustain Baladan mengumpulk­an seluruh kepala SMPN di Kota Delta di SMPN 2 Sidoarjo kemarin. Mereka diminta melaporkan hasil daftar ulang tahap I.

Hampir setiap sekolah mengalami kasus calon peserta didik baru yang tidak daftar ulang. Misalnya, di SMPN 5 Sidoarjo. Salah satu sekolah unggulan di Kota Delta itu telah menerima 256 calon peserta didik baru melalui PPDB online. ’’Namun, yang tidak daftar ulang cukup banyak. Sebanyak 12 anak,’’ ujar Kepala SMPN 5 Sidoarjo Achmad Lutfi.

Sebelum daftar ulang berakhir, lanjut Lutfi, pihak sekolah telah menghubung­i seluruh calon peserta didik baru yang belum melakukan daftar ulang. Rata-rata calon peserta didik baru tersebut mengaku telah mendapatka­n sekolah lain di luar kota. Ada pula yang memilih masuk pondok.

Laporan masing-masing sekolah hasil daftar ulang tahap I langsung direkapitu­lasi. Hasilnya, total ada 1.009 siswa yang tidak ikut daftar ulang tahap I. Mereka dianggap gugur. ’’Data tersebut akan kami kirim ke tim Telkom untuk dimasukkan ke website PPDB online,’’ kata Mustain.

Kekosongan kursi tersebut akan diisi secara otomatis oleh peserta dengan peringkat nilai akhir (NA) di bawahnya. ’’Itu sudah sistem. Jadi, kami tidak pilih-pilih,’’ ungkapnya. Siswa yang masuk dalam pengumuman tahap II harus melakukan daftar pada 19–21 Juni.

Siswa yang tidak daftar ulang tahap I di SMPN kategori sekolah penyelengg­ara pendidikan sistem kredit semester (SPP-SKS) juga cukup banyak. Total ada 113 siswa yang tidak melakukan daftar ulang di SMP SPP-SKS. (ayu/c7/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia