Jawa Pos

Pantang Cuci Gudang

Juve Baru Melepas Dani Alves

-

TURIN – Juventus, rupanya, masih penasaran dengan trofi Liga Champions. Ya, meski sukses menjadi jawara Serie A dalam enam musim berturut-turut, koleksi gelar itu terasa belum lengkap tanpa kehadiran Si Kuping Lebar (trofi Liga Champions).

Demi ambisi tersebut, Juve, kabarnya, akan mempertaha­nkan mayoritas penggawa yang tampil di final Liga Champions 2017. Nyonya Tua –julukan Juve– belajar banyak dari pengalaman pascafinal Liga Champions 2015. Ketika itu hampir separo penghuni starting eleven Juve hengkang.

Dampaknya, pada 10 giornata pertama Serie A, Gianluigi Buffon dkk hanya mengecap tiga kali kemenangan dan sempat terdampar di peringkat ke-12. Lalu, pada Liga Champions musim 2015–2016, Juve hanya mampu menembus babak 16 besar. Nah, dari seluruh starting eleven Juve di final Liga Champions 2017, baru Daniel Alves yang memastikan hengkang. Itu terjadi setelah Juve mengumumka­n mutual agreement terminate kemarin dini hari (22/6).

Keputusan itu menjadi klimaks dari friksi antara Alves dan Juve sepanjang Juni. Yakni ketika Juve menolak permintaan bek kanan timnas Brasil tersebut untuk mendapat kontrak jangka panjang.

Kemudian, Alves juga memantik kekecewaan Juventini tatkala mem- posting foto sepatu di akun Instagram- nya. Dalam sepatu Nike tersebut tertulis tanggal 6 Juni 2015. Itu adalah tanggal ketika Alves, yang masih memperkuat Barcelona, menghancur­kan Juve 3-1 di Olympiasta­dion, Berlin.

Berbagai provokasi Alves itulah yang membuat Juve terpaksa melepasnya. Alves pun bisa bergabung secara gratis dengan Manchester City, klub yang terus mendekatin­ya dalam dua pekan terakhir. ’’Alves sepertinya ingin mencari tantangan baru,’’ kata Direktur Umum Juve Giuseppe Marotta kepada Calciomerc­ato dan Mediaset Premium. ’’Tentu, hal ini begitu menyedihka­n bagi kami. Namun, kami tidak bisa apa-apa jika pemain yang bersangkut­an tidak termotivas­i lagi,’’ ujarnya.

Selain Alves, sebetulnya masih ada beberapa aset Juve yang diincar klub Premier League. Leonardo Bonucci dan Alex Sandro, misalnya. Keduanya diminati City.

Lalu, Manajer Chelsea Antonio Conte sudah meminta dana agar dirinya bisa membawa Claudio Marchisio ke Stamford Bridge. Belum lagi Arsenal yang tengah membidik Juan Cuadrado sebagai pengganti jika Alexis Sanchez hengkang. Namun, Juve tak menggubris tawaran tersebut.

’’Pioritas kami saat ini adalah mempertaha­nkan skuad yang menembus final Liga Champions musim lalu,’’ tegas Marotta. ’’Baru setelah itu, kami akan memikirkan bursa transfer,’’ lanjutnya.

Buffon juga percaya bahwa Bonucci tidak akan meninggalk­an trio BBC (Bonucci, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini). ’’Aku mengharapk­annya datang di sesi latihan pramusim,’’ ujar kiper 39 tahun itu kepada Football Italia.

Selain mempertaha­nkan mayoritas skuad musim lalu, Juve masih melirik jendela transfer. Prioritas utamanya adalah mencari pengganti Alves di sektor bek kanan. Goal memberitak­an, mereka mulai mempertimb­angkan Danilo (Real Madrid), Fabinho (AS Monaco), maupun fullback kanan Manchester United Matteo Darmian. (apu/c19/bas)

 ?? ANDY RAIN/EPA ?? aven PILIH PERGI: Dani Alves melewati trofi Liga Champions setelah laga final di Cardiff (3/6) lalu.
ANDY RAIN/EPA aven PILIH PERGI: Dani Alves melewati trofi Liga Champions setelah laga final di Cardiff (3/6) lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia