Jawa Pos

Trump-Modi Mesra di Jumpa Pertama

-

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump punya sobat baru. Yakni, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi. Persahabat­an dua pemimpin negara itu baru dimulai di Gedung Putih dalam pertemuan perdana mereka pada Senin (26/6). Samasama praktisi ekonomi, Trump dan Modi tidak membutuhka­n waktu lama untuk akrab.

’’Bisa saya katakan bahwa hubungan India dengan AS tidak pernah sekuat dan sebaik ini sebelumnya,’’ kata Trump dalam jumpa pers bersama Modi setelah pertttemua­n formal pertama mereka. Modi yang berdiri di balik podium lain di sebelah Trump menatap taipan 71 tahun tersebut dalam diam. Senin malam itu, mereka melanjutka­n perbincang­an penting di meja makan dalam kemasan working dinner.

’’Saya tidak sabar untuk segera bekerja sama dengan Anda, Pak PM. Kita akan menciptaka­n lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat dua negara, menumbuhka­n perekonomi­an kita, serta menciptaka­n kerja sama dagang yang fair dan saling menguntung­kan,’’ papar Trump dalam jumpa pers di Rose Garden. Modi pun hanya tersenyum.

Tidak seperti saat menyambut tamu-tamu negara lainnya, Trump terlihat lebih bersahabat ketika menerima kunjungan Modi Senin itu. Tidak sekadar berjabat tangan, mere- ka bahkan saling berpelukan.

Tidak salah jika sejumlah media Negeri Paman Sam melekatkan kata bromance dalam artikel-artikel yang mereka turunkan tentang pertemuan perdana Trump dan Modi. Para pengamat politik AS setuju dengan pendapat mediamedia yang menahbiska­n Trump dan Modi sebagai pasangan mesra pemimpin dunia. ’

Selain topik ekonomi dan bisnis, Trump dan Modi sama-sama aktif di jagat maya. Khususnya dunia Twitter. ’’Kami sama-sama menganut prinsip yang mengedepan­kan hubungan langsung antara pemimpin dan masyarakat. Kami memberikan kesempatan kepada rakyat untuk mendengark­an aspirasi kami secara langsung dan sebaliknya,’’ ungkap Trump.

Di hadapan media, Modi memuji pemilik Trump Tower tersebut sebagai dealmaker. (AFP/Reuters/ hep/c14/sof)

 ??  ?? CARLOS BARRIA/REUTERS AKRAB: Donald Trump (kiri) dan First Lady Melania berjalan mengapit Narendra Modi menuju Oval Office, Gedung Putih, Washington, kemarin WIB.
CARLOS BARRIA/REUTERS AKRAB: Donald Trump (kiri) dan First Lady Melania berjalan mengapit Narendra Modi menuju Oval Office, Gedung Putih, Washington, kemarin WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia