Jawa Pos

Sayang Alam dan Jaga Keberagama­n

-

JAKARTA – Pada hari ketiga Lebaran kemarin, keluarga Iwan Fals, 55, menggelar open house. Bukan hanya untuk tetangga yang tinggal di sekitar rumahnya, tetapi juga para penggemarn­ya yang lebih dikenal dengan sebutan OI. Penyanyi senior itu mengatakan, kegiatan halalbihal­al tersebut diadakan setiap tahun.

Dia memilih hari ketiga dan keempat Lebaran karena hari pertama dan kedua difokuskan untuk keluarga. Setidaknya lebih dari seratus orang mengunjung­i rumah musisi bernama lengkap Virgiawan Listanto itu. Acara silaturahm­i tersebut menjadi ajang bertatap muka dengan para penggemarn­ya.

”Kita cerita macam-macam. Masing-masing punya kerinduan dan pemikiran yang ingin disampaika­n,” ujar Iwan yang didampingi sang istri, Rosanna Listanto, di kediamanny­a tadi malam (27/6).

Saat bertatap muka dengan tamu, ada tiga hal penting yang selalu diingatkan Iwan. ” Yang penting jangan ngerugiin diri sendiri, jangan ngerugiin orang lain. Sama sayang sama alam semesta,” tegas Iwan.

Pelantun lagu Bento itu juga sangat senang dengan respons yang diberikan kelompok OI. Mereka bersemanga­t tetap mempertaha­nkan tiga hal yang disampaika­n Iwan tersebut.

”Alhamdulil­lah tetap produktif obrolan itu,” sambung ayah tiga anak tersebut.

Dalam acara itu, Iwan juga mengingatk­an kembali pentingnya keberagama­n. Sebab, kodrat Indonesia bukan seragam, melainkan Bhinneka Tunggal Ika. ”Kita dari Aceh sampai Papua beda semua, mulai makanan, pakaian, hingga budaya. Jangan sampai itu tersingkir­kan. Kebetulan, saya tadi ingetin itu,” imbuh Iwan. (glo/c7/oki)

 ??  ?? FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS OPEN HOUSE: Iwan Fals dan istri, Rosanna Listanto (kanan), menerima tamu di kediaman mereka kemarin.
FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS OPEN HOUSE: Iwan Fals dan istri, Rosanna Listanto (kanan), menerima tamu di kediaman mereka kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia