Jawa Pos

Presiden Xi Pergi, Aktivis Demonstras­i

-

RANGKAIAN peringatan serah terima kedaulatan Hongkong berakhir dengan kunjungan Presiden Xi Jinping ke pos pemeriksaa­n Jembatan Hongkong-ZhuhaiMaka­u kemarin (1/7). Setelah itu, pemimpin 62 tahun tersebut meninggalk­an Hongkong. Begitu lawatan dinas Xi berakhir, ribuan massa prodemokra­si ganti beraksi.

Menjelang sore, massa menduduki Victoria Park, Causeway Bay, yang berjarak sekitar 3 kilometer dari HKCEC. Mereka menuntut Beijing mengakui hak politik warga Hongkong. Selama ini, masyarakat Hongkong memang boleh memilih wakil mereka di pemerintah­an. Tapi, pada akhirnya, Beijing-lah yang menetapkan siapa-siapa saja yang berhak duduk di parlemen. Juga, duduk di kursi pemimpin eksekutif.

”Ini adalah unjuk rasa yang isi pesannya paling mendesak sepanjang dua dekade terakhir,” kata Eddie Chu, salah seorang politikus Hongkong yang bergabung dengan lautan massa prodemokra­si sambil membawa payung berwarna kuning. Sejak Umbrella Movement sukses mencuri perhatian dunia pada 2014, payung warna kuning menjadi lambang demokrasi Hongkong.

Karena itulah, payung juga menjadi salah satu benda yang tidak boleh dibawa jurnalis maupun penggembir­a yang menyaksika­n parade militer Jumat lalu (30/7). Kemarin para demonstran mengusung spanduk dengan sloganslog­an anti-Beijing. Salah satunya bertulisan Partai Komunis Tiongkok, aturan satu partai. Itu merupakan sindiran terhadap formula satu negara dua sistem yang melandasi pemerintah­an Hongkong.

Dalam unjuk rasa yang diikuti sekitar 60.000 orang itu, terlihat Lam Wing-kee berorasi. Dia adalah satu di antara lima penjual buku yang dilaporkan hilang pada 2015 dan belakangan diketahui telah ditangkap dan ditawan Beijing. Meski diguyur hujan deras, Lam terlihat berapi-api menyampaik­an aspirasiny­a. Dia mendesak Beijing memberikan hak politik penuh kepada masyarakat Hongkong.

Bentrok kecil mewarnai aksi protes dengan jumlah massa lebih kecil di sekitar HKCEC saat acara peringatan berlangsun­g. Sekitar 100 polisi langsung mendatangi massa yang dianggap brutal setelah bertemu massa pro-Beijing di lokasi yang sama. Aparat langsung membekuk sembilan aktivis demokrasi. Termasuk Joshua Wong dan Leung Kwok-hung yang juga dikenal sebagai politikus gondrong. (Reuters/BBC/hep/c17/any)

 ??  ?? KEHADIRAN PERDANA: Presiden Xi Jinping (tengah) ikut bernyanyi dalam pembukaan acara peringatan penyerahan Hongkong kepada Tiongkok.
KEHADIRAN PERDANA: Presiden Xi Jinping (tengah) ikut bernyanyi dalam pembukaan acara peringatan penyerahan Hongkong kepada Tiongkok.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia