Jawa Pos

Terobos Barikade, Restu Terguling

Satu Meninggal, 11 Luka Berat, 38 Luka Ringan

-

JOMBANG – Suasana ring road Mojoagung yang sebelumnya tenang mendadak gempar kemarin (1/7). Sekitar pukul 11.40, bus AKDP sarat penumpang terguling di areal persawahan, tepat di samping jalur yang belum laik jalan. Akibatnya, 1 penumpang tewas, 11 luka berat, dan 38 lainnya luka ringan.

Kejadian tersebut bermula saat bus PO Restu bernopol N 7721 UG melaju dengan kecepatan tinggi sejak keluar dari Terminal Purabaya, Surabaya. ”Dari awal, memang sopirnya ugal- ugalan. Sudah diperingat­kan beberapa kali sama penumpang juga tidak didengar. Padahal, kondisi jalan juga lengang. Tidak ada salip-salipan,” ujar Mariati, salah seorang penumpang yang juga menjadi korban.

Penumpang asal Madura dengan tujuan Nganjuk itu melanjutka­n, sebelumnya, bus beberapa kali hampir mengalami kecelakaan. ”Sempat beberapa kali hampir tabrakan. Bahkan, berkali-kali ngerem mendadak,” ucapnya.

Bus yang sebelumnya menerobos barikade yang dibuat polisi tersebut terguling saat baru melintas sekitar 2 km dari pintu masuk timur ring road. Bus yang kemudian jatuh ke areal persawahan itu juga sempat terguling beberapa kali. ”Waktu jatuh, sudah tidak ingat apa-apa. Yang jelas, bus sempat terguling dua sampai tiga kali,” imbuh perempuan 50 tahun tersebut.

Akibatnya, hampir seluruh bagian bus jurusan Surabaya–Ponorogo itu ringsek. Bahkan, pintu dan kaca depan bus pecah. Bagian depan atas bus terlihat penyok tak beraturan. Ironisnya, sang sopir malah melarikan diri begitu bus tersebut terjun ke sawah.

Kecelakaan itu membuat puluhan penumpang mengalami luka berat. Dari data yang berhasil dihimpun Jawa Pos Radar Jombang, jumlah korban mencapai 50 orang. Yamin, 49, warga Desa Gondang- manis, Kecamatan Bandarkedu­ngmulyo, Kabupaten Jombang, meninggal. Sementara itu, sebelas penumpang mengalami luka berat dan 38 orang lainnya mengalami luka ringan.

Para korban dilarikan ke Puskesmas Miagan Mojoagung, RSUD Jombang, dan PKU Muhammadiy­ah Mancilan. Beberapa penumpang yang selamat melanjutka­n perjalanan dengan menumpang kendaraan lain.

”Semua korban dirawat di tiga tempat. Yakni, RSUD Jombang, PKU Muhammadiy­ah Mancilan, dan Puskesmas Mojoagung. Satukorban­tewasdalam­perjalanan­menuju RSUD Jombang,” terang Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto. (riz/bin/c18/end)

 ?? ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG ?? MELAJU DENGAN KECEPATAN TINGGI: Bus Restu bernopol N 7721 UG yang terlibat kecelakaan sempat terguling beberapa kali di ring road Mojoagung kemarin.
ACHMAD RW/JAWA POS RADAR JOMBANG MELAJU DENGAN KECEPATAN TINGGI: Bus Restu bernopol N 7721 UG yang terlibat kecelakaan sempat terguling beberapa kali di ring road Mojoagung kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia