Jawa Pos

Minta Maaf, Tetap Terancam Dituntut

Derita Kaus Vintage Kendall dan Kylie

-

T-SHIRT vintage bergambar band dan musisi legendaris lansiran brand Kendal+Kylie milik Kendall dan Kylie Jenner tak lagi tersedia. Dua sisters penyuka gaya kasual itu memilih menurunkan seri T-shirt tersebut lantaran dihujani hujatan. Kendall dan Kylie telah menghapus seluruh materi promo dan meminta maaf di Twitter masing-masing. Namun, tampaknya masalah belum selesai.

The Doors, salah satu band yang image- nya dicomot Kendall dan Kylie, berencana melayangka­n gugatan resmi. Mereka mengawalin­ya dengan surat somasi. Pengacara band yang digawangi Jim Morisson itu menegaskan bahwa mereka tak pernah menerima permohonan izin dari Jenner Kendall dan Kylie. ”Selain pelanggara­n merek dagang dan persaingan tidak sehat, pakaian tersebut melanggar hak publisitas Jim Morrison,” tulis pengacara itu seperti dilansir Rolling Stones.

Jeff Jampol, manajer The Doors, menambahka­n bahwa hal yang dilakukan Jenners tersebut merupakan bentuk penghinaan. ”Ini ironi. Produk ( T-shirt, Red) tersebut tidak ada nilai positifnya, baik secara moral, etika, maupun artistik,” kata Jampol.

Ancaman tuntutan hukum The Doors menambah panjang kontrovers­i yang menyertai seri T-shirt tersebut sejak diluncurka­n pada Rabu (28/6).

itu bergambar band dan musisi lawas seperti Metallica, Pink Floyd, KISS, Ozzy Osbourne, hingga Tupac Shakur dan Notorious B.I.G alias Christophe­r Wallace.

Salah satunya, T-shirt bergambar foto hitam putih wajah legenda musik hiphop Tupac Shakur dengan tulisan KK di bagian atasnya. Ada juga foto Tupac dan Metallica yang ditimpa image seperti screen shoot Instagram Kylie. Pada lain terdapat foto hitam putih Notorious B.I.G dengan foto Kendall di depannya.

Selain tidak minta izin kepada manajemen dan keluarga para musisi tersebut, desain kauskaus itu dinilai melecehkan. ”Aku tidak tahu siapa yang mengizinka­n mereka melakukan ini. Mereka memanfaatk­an kematian 2pac (Tupac, Red) dan putraku, Christophe­r, untuk menjual kaos. Ini tidak sopan, menjijikka­n, dan eksploitas­i yang sangat buruk,” tulis Volella Wallace, ibu B.I.G, di Instagram.

Sharon Osbourne, istri Ozzy, lebih galak lagi terhadap dua gadis itu. Di Twitter dia menulis, ” Girls, kalian tidak berhak menyanding­kan wajah kalian dengan musisi-musisi ikonik itu. Sudahlah, tetaplah menggeluti apa yang kalian tahu... gloss.” Hal itu tentu mengacu kepada Kylie yang sukses mengelola bisnis kosmetik.

Kendall dan Kylie lalu mengunggah permintaan maaf. ”Desain T-shirt itu tidak dipikirkan dengan baik dan kami minta maaf sedalam-dalamnya kepada pihak-pihak yang tersakiti. Terutama keluarga para musisi. Kami adalah fans berat karya mereka dan tidak ada sedikit pun niat untuk melecehkan,” demikian isi permintaan maaf tersebut.

Meski demikian, pihak manajemen dan keluarga sulit memaafkan. Demikian pula fans. Sejak kontrovers­i kaus itu merebak, Kylie kehilangan 44 ribu followers di Twitter. Salah satu yang bikin mereka tetap murka adalah cara Kendall memasarkan­nya. T-shirt tersebut dijual seharga USD 125 atau Rp 1,6 juta. Dia dinilai berusaha meraup keuntungan dari para musisi legendaris. (adn/c25/na)

 ??  ?? T-shirt
T-shirt
 ??  ?? T-shirt lip
T-shirt lip
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia