Jawa Pos

Buka Simpul Kemacetan, Gratiskan Tol

-

Antrean terlihat mulai lokasi rest area 102B Dawuan, Subang, hingga Kilometer 182B arah Kabupaten Majalengka. Panjang antrean diperkirak­an mencapai 80 kilometer.

Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk menanggula­ngi kepadatan di tol Cipali, pihaknya telah berkoordin­asi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Salah satu jalan keluarnya adalah mengalihka­n sebagian ke arah pantura. Selain itu, sistem buka tutup dilakukan di tol Cipali.

” Contraflow juga dilakukan hingga Kilometer 30,” ujarnya.

Sistem buka tutup juga dilakukan di jalur Nagreg. Jalur itu sebelumnya diprediksi mengalami kepadatan. Namun, ternyata prediksi tersebut meleset. Hingga kemarin sore, jalur Nagreg cukup lancar. Bahkan, di tol itu diberlakuk­an sistem dua arah. Langkah tersebut dilakukan hingga malam. Sebab, saat malam jumlah kendaraan semakin banyak. ”Banyak yang lebih suka sampai Jakarta malam hari. Minggu (hari ini, Red) bisa istirahat,” ujar Budi.

Waktu libur yang panjang membuat mudik kali ini tidak begitu parah jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Waktu berangkat maupun pulang para pemudik, durasinya cukup panjang. Budi mengakui, itu membuat antrean di jalan tol tidak lama. ”Mudik kali ini juga sebagai pembelajar­an agar menggunaka­n waktu dengan baik,” sarannya.

Budi membagi tipe pemudik menjadi tiga. Pertama adalah mereka yang mudik dengan kurun waktu singkat. Kedua, pemudik yang santai menghabisk­an waktu liburan. Golongan kedua ini cukup banyak. ”Sementara yang ketiga merupakan pemudik yang memilih balik ketika mendekati libur sekolah usai. Yakni, mendekati 13 Juli,” tuturnya.

Bukan hanya di darat, peningkata­n arus balik juga terlihat di moda laut dan udara. Di Pelabuhan Bakauheni, dari posko PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberan­gan (ASDP) Indonesia Ferry, arus balik terpantau ramai sejak kemarin pagi.

Menurut data di posko ASDP Pelabuhan Bakauheni, pada pukul 08.00 ada 943.371 penumpang yang datang. Sedangkan yang sudah menyeberan­g lewat Pe- labuhan Bakauheni sebanyak 430.124 orang.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang sudah menyeberan­g baru 89.288 unit di antara 197.250 unit. Artinya, 107.962 unit kendaraan masih di Sumatera. ”Malam hari merupakan puncaknya. Sekarang di Pelabuhan Bakauheni ramai,” papar Vice President Services and Assurance PT ASDP Rizki Dwianda.

Untuk jalur udara, hari ini diperkirak­an menjadi puncak balik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Diprediksi ada sekitar 1.980.000 penumpang yang tiba di bandara internasio­nal tersebut. Bali dan Jawa Timur menjadi kota asal penumpang terbanyak.

Di bagian lain, Korlantas Polri bersama pengelola jalan tol membebaska­n tarif tol Cipali mulai pukul 12.57 WIB kemarin. Kakorlanta­s Polri Irjen Royke Lumowa menuturkan, pembebasan biaya tol itu dilakukan di exit toll Cikedung. ”Pembebasan biaya tol ini akibat kepadatan kendaraan di rest area Km 130 dan 102. Dengan arus yang berjalan lebih cepat, kepadatan itu bisa terurai kembali,” paparnya. (lyn/idr/c10/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia