Jawa Pos

Bersatu karena Sepak Bola

Jerman versus Cile menjadi laga pemungkas Piala Konfederas­i 2017. Di partisipas­i pertama tahun ini, Cile langsung menembus final. Puluhan ribu suporter La Roja –julukan Cile– siap memerahkan Krestovsky Stadium. Antusiasme Suporter Cile Jelang Partai Punca

-

JARAK ribuan kilometer antara Cile dan Rusia tampaknya bukan masalah bagi fans berat La Roja. Buktinya, mereka tetap berbondong­bondong menyaksika­n langsung aksi Alexis Sanchez dkk. Menurut jurnalis Diario AS kontributo­r Cile, Leopoldo Iturra, sekitar 8 ribu suporter hadir di Rusia. Nah, khusus untuk final, ada tambahan 2 ribu suporter Cile.

”Setelah melihat penampilan Cile di semifinal dan pertanding­an grup, orang-orang Cile tergugah untuk bersatu mendukung tim ini. Menyusul hasil apik tahun lalu di AS, berbondong-bondonglah mereka ke St Petersburg,” kata Leo – sapaan Leopoldo Iturra– kepada Jawa Pos kemarin.

Sebanyak 2 ribu suporter tambahan yang hadir di St Petersburg itu tidak hanya berasal dari Cile langsung. Tapi juga dari beberapa negara di Eropa dan Asia. ”Cile kian bersatu dengan sepak bola,” tutur Leo.

Pantauan Jawa Pos yang terbang dari Kazan menuju St Petersburg via Moskow Jumat lalu (30/6), selalu ada saja fans Cile di Bandara Kazan, Moskow, dan St Petersburg. Mereka dengan percaya diri mengusung atribut kebesaran La Roja.

Sebut saja Pablo yang ditemui koran ini di Bandara Vnukovo, Moskow. Dia mengikuti tiga pertanding­an Cile di fase grup. Untuk semifinal di Kazan, Pablo absen karena tidak bisa meninggalk­an pekerjaan di Moskow. Nah, untuk partai puncak melawan Jerman, pria yang bekerja di perbankan itu akan terbang ke St Petersburg.

Tidak semua fans Cile yang datang ke St Petersburg mengantong­i tiket final. Meski begitu, mereka sangat antusias untuk merasakan langsung atmosfer pertanding­an bersejarah tersebut. ”Mungkin ada juga yang menonton di fan fest atau di area-area LAPORAN dari St Petersburg nonton bareng. Tapi, justru dengan seperti itu kemeriahan akan menyebar di St Petersburg,” papar Pablo.

Fans Cile cenderung kalem. Tidak banyak berulah. Tempat menginap timnas Cile di Hotel Corinthia relatif aman dari serbuan fans. Menurut kamerawan Golazo TV Juan Rodriguez, kehebohan biasanya baru terjadi pada H-1. Keberadaan suporter Cile bisa membuat lalu lintas di sekitar hotel macet.

Suporter Cile akan terus bertambah. Warga Rusia sangat mungkin menjadi pendukung La Roja. Sebab, timnya sudah tersisih dari fase grup. ”Saya pernah mendengar bahwa banyak warga Rusia yang tak suka Jerman karena penyeranga­n yang dilakukan pada Perang Dunia II. Sentimen itu masih ada. Jadi, kami cukup diuntungka­n dengan kabar tersebut,” tutur Juan.

Ketika Cile bermain di Kazan Arena Rabu lalu (28/6), banyak warga Rusia yang memberikan dukungan. Mereka bahkan mengenakan jersey Cile. Alasan mereka berbeda- beda. Ada yang mengidolak­an bintang-bintang Cile seperti Alexis Sanchez, Arturo Vidal, dan Claudio Bravo. Ada juga yang mendukung Cile karena sematamata ingin memeriahka­n atmosfer Piala Konfederas­i 2017. (*/c11/ca)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ??
DIPTA WAHYU/JAWA POS
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia