Jawa Pos

Rezeki dari Piala Konfederas­i

-

ANTUSIASME suporter Cile menjadi ladang bisnis bagi pengelola kafe di sekitar Corinthia Hotel St Petersburg, tempat menginap skuad La Roja. Segaris dengan hotel tersebut, ada sekitar selusin kafe dengan beragam menu. Lokasi-lokasi itu menjadi jujukan nongkrong para suporter Cile yang terkenal fanatik.

Dengan menu bir, pizza, serta penganan ala Eropa lainnya, kafe-kafe tersebut bisa jadi lokasi yang nyaman untuk berkumpul. Tentu, para suporter tersebut juga mengincar kesempatan untuk bertemu bintang-bintang timnas Cile seandainya keluar dari hotel.

Salah seorang fans Cile yang memburu kesempatan bertemu pemain adalah Alejandro. Dia memilih nongkrong di Soviet Cafe yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Corinthia Hotel. Dia beberapa kali me- ninggalkan kafe untuk menuju hotel tempat menginap skuad Cile.

’’Apakah pemain Cile ada yang keluar hotel?’’ tanya Alejandro kepada Jawa Pos. Alejandro tidak sendiri. Banyak kelompok fans lain yang juga nongkrong di kafe sembari mencuri kesempatan bertemu Claudio Bravo dkk.

Harga bir di sekitar Nevsky Avenue itu bervariasi. Rata-rata dijual RUB 100 atau sekitar Rp 23 ribu per gelas. Sementara itu, sepotong pizza dibanderol RUB 200 (sekitar Rp 46 ribu). Karena angin sedang bertiup kencang dan temperatur rata-rata St Petersburg berada di angka 12 derajat Celsius, pengunjung kafe yang memilih duduk di luar ruangan akan mendapat fasilitas pinjaman selimut penghangat.

Salah satu penjaga bar di Soviet Cafe, Ser- gey, menuturkan bahwa semua kafe di dekat Corinthia Hotel mengadakan nonton bareng (nobar). Bukan hanya laga final, tetapi juga perebutan tempat ketiga yang berlangsun­g beberapa jam sebelum partai puncak dimulai.

’’ Tidak ada tiket buat nobar atau pembelian tertentu untuk nobar di sini. Semua bisa datang, masuk, duduk, dan menikmati pertanding­an di layar ini,’’ kata Sergey. Soviet Cafe menyediaka­n layar lebar berukuran 3 x 4 meter.

Perhelatan Piala Konfederas­i 2017 membawa berkah bagi para pengelola kafe. Menurut Sergey, jam ramai kafenya mencapai puncak saat pertanding­an dimulai. Otomatis, suasana itu juga mendongkra­k pendapatan mereka. (*/c15/ca)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia