Jawa Pos

Blockbuste­r Deal!

George Datang, Thunder Penantang Juara

-

OKLAHOMA CITY – Kabar heboh kembali datang dari bursa transfer NBA. Empat kali All-Star Paul George akhirnya menjatuhka­n pilihan dengan meninggalk­an Indiana Pacers dan bermain untuk Oklahoma City Thunder musim depan. Perpindaha­n itu akan membuat persaingan di wilayah barat musim depan semakin mendidih.

Sebelum George, tiga kali NBA All-Star Jimmy Butler juga pindah wilayah. Dari Chicago Bulls (timur) ke Minnesota Timberwolv­es (barat). ’’INDIANA.. TERIMA KASIH untuk semua yang kalian berikan untukku dan keluargaku. Bersama kalian, aku bekerja dengan orang-orang luar biasa. Orang-orang yang belum pernah aku temui sebelumnya,’’ tulis George dalam akun pribadinya kemarin.

George memulai karir di Pacers sejak dipilih di urutan kesepuluh NBA Draft 2010. Selama tujuh musim berkostum Pacers, dia tiga kali merasakan pergantian pelatih. Selama itu juga, bersama George, Pacers cuma sekali gagal menembus

yakni pada musim 2014–2015. Itu pun ketika pemain kelahiran Palmdale, California, tersebut hanya bermain enam kali sepanjang musim lantaran mengalami cedera patah tulang kaki kanan.

Jatuhnya pilihan George ke Thunder sangat mengejutka­n. Berita itu jauh dari radar pengamatan analis-analis NBA. Sejak mengumumka­n tidak akan mengambil opsi perpanjang­an kontrak di Pacers pekan lalu, bintang 27 tahun itu lebih sering dihubung-hubungkan dengan Los Angeles Lakers, Houston Rockets, Boston Celtics, maupun Cleveland Cavaliers.

Sumber menyebut General Manager Thunder Sam Presti baru aktif merayu George seminggu terakhir. Thunder mengirimka­n Victor Oladipo dan

Domantas Sabonis ke Pacers sebagai pengganti George.

Salah satu daya tarik Thunder bagi George adalah keberadaan sosok MVP NBA 2017 Russell Westbrook. Kehadiran George bakal membuat Thunder kembali memiliki dua bintang besar, sama seperti sebelum Kevin Durant hengkang ke Golden State Warriors awal musim lalu.

’’Westbrook mengingink­an Thunder memiliki skuad yang lebih kompetitif. Kedatangan George menjadi pesan kuat bahwa Thunder mendengar masukan bintang utamanya tersebut,’’ ucap seorang sumber di internal Thunder.

Musim lalu Thunder finis sebagai tim yang punya persentase tembakan tiga angka terburuk di liga. Mereka hanya mengantong­i 32,7%. George yang musim lalu sukses membukukan catatan tembakan tiga angka mencapai 39,3% akan menyuntikk­an kekuatan baru bagi Thunder di sektor tersebut.

Sumber yang sama menyebutka­n bahwa Presiden Basketball Operations Pacers Kevin Pritchard memang sengaja melepas George ke tim wilayah lain ketimbang dengan sesama tim yang berasal dari timur. Apalagi, selama ini yang paling gencar mengingink­an George adalah dua tim teratas wilayah timur musim lalu, yakni Celtics dan Cavaliers.

Kedatangan George ke skuad Thunder membuat tim tersebut lebih diunggulka­n dalam bursa taruhan juara NBA 2017–2018. Westgate Las Vegas melaporkan, Thunder kini dipertaruh­kan 40-1 untuk menjadi juara musim depan (nomor delapan).

Sebelum kabar heboh tentang George itu muncul, berita besar datang dari

Minnesota Timberwolv­es Ricky Rubio. Dia pindah ke Utah Jazz ditukar dengan jatah pilihan pertama pada NBA Draft 2018. Pengganti Rubio adalah utama Pacers Jeff Teague. Dia dikontrak selama tiga musim ke depan dengan nilai kontrak USD 57 juta (Rp 759 miliar). (irr/c19/nur)

 ??  ?? owner rebound; steal pick game Associated Press. assist; Instagram playoff, center ESPN guard power forward/ ESPN ESPN point guard point guard field goal
owner rebound; steal pick game Associated Press. assist; Instagram playoff, center ESPN guard power forward/ ESPN ESPN point guard point guard field goal

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia