Jawa Pos

Geraint Thomas Raih Yellow Jersey Pertama

Cedera Parah, Valverde Langsung Mundur

-

DUSSELDORF – Team Sky langsung menunjukka­n tajinya sebagai tim terkuat di Tour de France 2017. Dua pembalap tim asal Inggris itu menguasai dua podium di etape I yang melombakan (ITT) di Dusseldorf, Jerman, tadi malam WIB.

Geraint Thomas tampil mengejutka­n sebagai rider yang tidak masuk radar kandidat juara ITT, tapi mampu finis yang tercepat. Catatan waktunya 16 menit 4 detik. ’’Aku masih tidak percaya dengan kemenangan ini. Aku mencoba tampil cepat sejak awal. Tetapi, kondisi jalanan yang basah tidak memungkink­an untuk melaju 100 persen,’’ ucap Thomas.

Para rider sendiri menakutkan garis putih pemisah lajur jalan di pusat kota Dusseldorf. Garis-garis itu sangat licin ketika basah. Situasi tersebut memakan korban Alejandro Valverde (Movistar). Valverde terjatuh saat melibas tikungan tajam ke kiri. Dia kehilangan cengkerama­n ban belakang, kemudian terseret di permukaan aspal. Dia tidak bisa bangun, harus ditandu ke luar lintasan. Nahasnya, Valverde harus mundur dari lomba. Itu kehilangan besar bagi Movistar. Sebab, Valverde adalah penarik leader Movistar Nairo Quintana.

Kabar baik lainnya dari Team Sky adalah Chris Froome mampu finis di posisi keenam dengan catatan waktu 16 menit 16 detik. Itu adalah finis teratas jika dibandingk­an dengan para rivalnya, para kandidat penguasa general classifica­tion (GC) yang rata-rata finis 40 detik di belakangny­a. Misalnya, Quintana (posisi ke51 dengan catatan waktu 16 menit 52 detik) atau Alberto Contador (16 menit 58 detik). (cak/c4/nur)

 ??  ??
 ??  ?? individual time trial
individual time trial

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia