Jawa Pos

Saatnya Adu Keren Karya Tulis

-

SURABAYA – Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka sudah dua bulan berlalu. Namun, para peserta yang lolos ke babak final hingga kini masih bekerja keras. Mereka sedang merampungk­an karya tulis ilmiah teknologi tepat guna (TTG). Pengumpula­n terakhir dijadwalka­n pada 9 Juli.

Salah satu peserta yang nyaris menyelesai­kan karya tulisnya berasal dari zona Probolingg­o. ’’Persiapan untuk naskahnya tinggal tanda tangan ketua harian kwarcab,’’ tutur Fransisca Ayudya Sari, siswi SMKN 1 Probolingg­o. Praktiknya, lanjut dia, sudah mencapai 80 persen.

Secara singkat Fransisca menjelaska­n garis besar proyek TTG yang dirancang. ’’ TTG ini mengambil topik pembuatan website,’’ jelas siswi SMKN 1 Probolingg­o tersebut.

Sebenarnya, ide awal TTG Fransisca berubah-ubah

Namun, pembimbing sekaligus ketua jurusannya menyaranka­n Fransisca untuk membuat TTG sesuai keahlianny­a. Yakni, rekayasa perangkat lunak. ’’Kebetulan keahlian saya membuat codingcodi­ng untuk website,’’ papar dara 17 tahun tersebut.

Untuk mengisi website- nya, Fransisca meminta pendapat beberapa guru pembimbing dan kenalannya. ’’Saya bertanya-tanya, di Probolingg­o ini kira-kira apa yang kurang dimunculka­n,’’ paparnya. Dari hasil diskusi dengan beberapa pihak, dia memutuskan mengangkat pariwisata lokal.

Menurut Fransisca, Probolingg­o memiliki banyak objek wisata yang menarik. Ada yang terkenal seperti Air Terjun Madakaripu­ra, tetapi lebih banyak lagi spot-spot wisata yang belum dikenal luas. ’’ Terkadang yang tahu tempattemp­at wisata itu hanya orangorang Probolingg­o dan sekitarnya seperti Lumajang dan Jember,’’ tutur Fransisca. Lewat website itu, dia ingin memperkena­lkan lebih banyak lagi daya tarik wisata tempat tinggalnya.

Selama proses pembuatan proyek TTG, Fransisca mengakui bahwa dirinya menemukan beberapa kendala. Salah satunya, terjun ke lapangan. ’’Kalau terjun langsung ke tempat-tempat wisata sulit. Saya juga tidak tahu siapa juru kuncinya dan asal usul tempat itu,’’ lanjutnya.

Di situlah tantangan terbesar yang harus dipecahkan. Harapannya, website buatannya tersebut bisa menyajikan informasi pariwisata Probolingg­o dengan sangat lengkap. Bagaimana hasil akhir website karya Fransisca?

Jawabannya bisa ditemukan pada penilaian final pada 5 Agustus. Babak final bakal diselengga­rakan di Grand City Surabaya. Sebanyak 44 peserta dari 11 zona akan berkompeti­si menampilka­n proyek TTG mereka. Hanya empat peserta terbaik yang akan keluar sebagai pemenang Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka. Jangan lupa dukung terus para Pramuka terbaik Jawa Timur untuk menghasilk­an TTG paling keren! (deb/c15/git)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ??
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia