Jawa Pos

Simulasi Cegah Gangguan PPDB SMA

-

GRESIK – Simulasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) masih bermasalah bagi sebagian siswa. Calon pendaftar ke SMAN 1 Kedamean bingung karena nama sekolah itu tidak muncul di zona setempat. SMAN 1 Kedamean seharusnya berada di zona IV bersama SMAN 1 Cerme, SMAN 1 Menganti, dan SMAN 1 Balongpang­gang. Namun, ketika simulasi kemarin (1/7), nama SMAN 1 Kedamean tidak muncul. Laman hanya menampilka­n tiga SMAN lain.

”Simulasi kan selesai 2 Juli. Waktu simulasi, tidak ada pilihan SMAN Kedamean,” ungkap Wulandari, orang tua siswa asal Menganti. Dia berharap panitia PPDB segera memperbaik­inya kalau memang ada kesalahan sistem.

Keluhan itu langsung dijawab Kasi Pembelajar­an SMA/SMK Cabang Dispendik Gresik Rita Riana. ”Kami pikir bukan kesalahan sistem. Mungkin karena banyak yang akses saja,” ungkapnya saat dimintai konfirmasi kemarin.

Menurut dia, persoalan serupa pernah terjadi, tapi sudah dibereskan panitia. Rita mengaku tidak punya perincian angka pengakses laman PPDB saat simulasi. Namun, dia memastikan bahwa penggunany­a membeludak. Kondisi tersebut memungkink­an terjadinya proses error.

Menurut dia, panitia terus mengawasi proses simulasi PPDB online. Setiap keluhan bakal langsung diproses. Sejauh ini, lanjut dia, belum ada problem akut soal PPDB online SMA. Dia berharap tak ada ganjalan saat pendaftara­n besok (3/7). Calon peserta didik harus menyiapkan bekal dengan maksimal. ”Jangan cemas. Jangan sampai salah karena tegang,” tuturnya.

Rita mengingatk­an, simulasi harus dimanfaatk­an dengan maksimal. Latihan harus lulus. Terutama saat pencarian sekolah. Banyaknya zona memungkink­an muncul kebingunga­n. Solusinya, calon siswa harus hafal letak zona sekolah.

Pada PPDB online 2017, Cabang Dispendik Wilayah Gresik telah menyiapkan 16 operator. Sebanyak 12 operator diperuntuk­an SMA. Sisanya membantu calon siswa SMK. Ada lima zona di Kota Pudak. Diprediksi, persaingan ketat terjadi di zona II (SMAN 1 Gresik, SMAN 1 Manyar, dan SMAN 1 Kebomas). Sekolahsek­olah favorit itu masih jadi jujukan lulusan SMP.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Nurus Shobah menyatakan, sekolah juga terus memantau proses PPDB online. Belum ada keluhan dari kepala sekolah. Meski begitu, panitia sekolah aktif berkoordin­asi dengan dispendik. ”Untuk kasus SMAN 1 Kedamean, kami belum dapat informasi. Saya pikir sudah tak ada masalah,” ungkapnya. (hen/c16/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia