Jawa Pos

Diaspora Bangun Daerah

-

BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggalang kekuatan warga Banyuwangi yang tinggal di berbagai belahan Indonesia dan dunia atau biasa disebut diaspora, untuk bersama-sama me ngem bangkan daerah. Tiap tahun, seperti pada pekan lalu, diadakan pertemuan Diaspora Banyuwangi Sedunia di Banyuwangi. Ribuan warga yang sedang mudik Lebaran itu bersilatur­ahim, bernostalg­ia, sekaligus menggalang ide dan pemikiran untuk daerah.

”Sudah empat tahun terakhir ini kami rutin menggelar acara Diaspora Banyuwangi Sedunia. Acara ini kami desain untuk semakin menguatkan cinta kepada Banyuwangi. Di sini mereka saling bersapa, memunculka­n kembali kenangan masa kecilnya, dan Insya Allah bisa semakin menumbuhka­n cinta pada daerah. Kalau sudah cinta, otomatis tergerak untuk bantu mengembang­kannya,” ujar Anas.

Menurut Anas, pengembang­an daerah tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah daerah. Peran seluruh warga, termasuk para diaspora, sangat penting. ”Kebijakan untuk melibatkan para diaspora dalam mengembang­kan daerah ini bagian untuk mempercepa­t pembanguna­n Banyuwangi,” ujar Anas.

Di momen Diaspora Banyuwangi Sedunia, mereka membangun solidarita­s untuk daerah dan bertukar informasi. Salah seorang diaspora Banyuwangi yang hadir adalah Mochlis Handi ”Dody” Kurniawan, pengusaha pariwisata yang tinggal di Nagoya, Jepang. Dia akan mengajak warga Banyuwangi di Jepang untuk berkontrib­usi bagi daerahnya.

”Kami tidak ingin hanya punya uang lalu beli tanah di daerah, tapi kami ingin kontribusi kami bagi daerah bertujuan jelas. Sejak Pak Anas datang ke Jepang beberapa waktu lalu karena diundang salah satu pusat penelitian kebijakan publik di sana, akhirnya kami punya koordinato­r khusus yang menangani siapa pun diaspora di Jepang yang ingin memberi kontribusi bagi Banyuwangi,” jelas Dody.

 ??  ?? Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi
Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia