Jawa Pos

Produsen Jamu Regenerasi Pasar

-

SURABAYA – Konsumen loyal jamu terus beranjak tua. Produsen jamu pun mesti gencar melakukan regenerasi pasar. PT Jamu Iboe Jaya termasuk yang giat membuka outlet bukan hanya di pusat perbelanja­an, melainkan juga ke kampuskamp­us untuk menjaring konsumen muda.

Product Group Manager Jamu Iboe Perry Anglishart­ono menyatakan, pembukaan outlet di kampus dimulai Jamu Iboe pada bulan Agustus mendatang. ”Sasaran kami tentu saja mahasiswa. Selama ini kami hanya membuka outlet di pusat perbelanja­an. Adanya outlet di kampus diharapkan dapat mempercepa­t regenerasi konsumen,” ujarnya kemarin (2/7).

Sebagai permulaan, Jamu Iboe membuka outlet di Universita­s Surabaya (Ubaya) pada Agustus mendatang. Jamu Iboe saat ini membuka dua outlet baru di Kuta Beach Walk, Bali, dan Pakuwon Mall, Surabaya. Outlet di Kuta Beach Walk merupakan outlet pertama Jamu Iboe di Bali. ”Khusus Bali, kami menyasar segmen pasar internasio­nal. Di sana, banyak turis dan mereka menganggap jamu itu minuman yang eksotis,” terangnya.

Rencananya, Jamu Iboe kembali mendirikan 2–3 outlet pada semester kedua tahun ini. Total, Jamu Iboe memiliki 21 outlet yang tersebar di Indonesia. Hingga Mei, Jamu Iboe berhasil mencatatka­n kenaikan penjualan 7 persen jika dibandingk­an dengan periode yang sama tahun lalu. Produk yang terus digenjot penjualann­ya adalah jamu dengan bentuk minuman dalam kemasan atau health drink.

Selain penambahan gerai di lokasi strategis, regenerasi pasar dilakukan dengan mengembang­kan produk yang bisa diterima kalangan muda. Karena itu, Jamu Iboe terus mengembang­kan minuman kesehatan yang hingga kini memiliki tujuh varian rasa.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MUDA: Damai (kanan) di gerai Jamu Iboe di Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS MUDA: Damai (kanan) di gerai Jamu Iboe di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia