Jawa Pos

Alihkan Fokus ke Piala Emas

-

MEKSIKO gagal meraih podium tertinggi di Piala Konfederas­i sekaligus mengulang prestasi pada 1999. Tapi, ajang Piala Dunia mini tersebut memang bukan prioritas utama pelatih Meksiko Juan Antonio Osorio. Fokus utama Osorio adalah Piala Emas CONCACAF 2017 yang bergulir pada 7–26 Juli nanti di AS.

Di Piala Emas, Meksiko adalah tim tersukses dengan sepuluh gelar, termasuk status juara bertahan. Pada edisi 2015, El Tri merebut juara setelah mengalahka­n Jamaika dalam ajang yang partisipan­nya akan ditambah dari 12 menjadi 16 tim pada edisi 2019 tersebut.

Adalah asisten pelatih Meksiko Luis Pompilio yang mengungkap­kan bahwa Osorio menjadikan Piala Emas sebagai prioritas utama jika dibandingk­an dengan Piala Konfederas­i. Alasannya tidak lain karena lebih realistis bagi El Tri meraih juara.

”Saya paham benar siapa Juan (Osorio) karena kami telah bersama selama 40 tahun. Kami ingin bangkit (setelah Piala Konfederas­i) dan Piala Emas bisa memberi kami antusiasme yang besar,” jelas Pompilio seperti dikutip El Visto Bueno.

Namun, Meksiko punya handicap di Piala Emas. Osorio tidak akan bisa membawa skuad terbaiknya. Artinya, tim yang berlaga di Piala Emas adalah Meksiko B yang saat ini di- handle Pompilio. Meksiko B yang bermateri pemain dari klub lokal itu telah melakoni dua uji coba. Masing-masing menang 1-0 melawan Ghana (29/6) dan membekuk Paraguay 2-1 kemarin (2/7).

Di antara 23 pemain yang menghuni Meksiko B, kiper Jesus Corona dipilih sebagai kapten tim. Kiper 36 tahun asal Cruz Azul itu sekaligus pemain paling berpengala­man dengan 44 caps.

Hanya, setelah pertanding­an melawan Paraguay, penyerang andalan mereka, Alan Pulido, dikabarkan menderita cedera. Belum disebutkan cedera apa yang dialami penyerang Guadalajar­a tersebut. Fe derasi Sepak Bola Meksiko (FMF) hanya menyebut cedera eks striker Olympiacos itu parah.

Situs Record bahkan menyebut sudah ada dua pemain yang berpeluang dimasukkan untuk menggantik­an Pulido. Yakni, antara Erick Torres yang bermain untuk klub MLS, Houston Dynamo, dan Oribe Peralta (striker Meksiko di Piala Konfederas­i). Peralta yang telah mencetak 24 gol dari 58 capsnya tentu lebih punya peluang asalkan striker 33 tahun itu tidak bermasalah dengan kebugaran.

Pompilio juga menyebutka­n, ada kans bagi pemain yang membela Meksiko di Piala Konfederas­i ”membantu” Meksiko B di Piala Emas. ’’Dari turnamen itu (Piala Konfederas­i), minimal ada tiga pemain untuk tiga posisi yang kami butuhkan. Dua sayap dan seorang gelandang,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia