Jawa Pos

Terima Sekoci dari City

-

LONDON – Negosiasi kontrak baru Chelsea dengan Thibaut Courtois masih buntu. Asmir Begovic yang menjadi ban serep Courtois telanjur dilepas ke Bournemout­h. Situasi itu membuat The Blues –julukan Chelsea– panik. Mereka khawatir tak punya kiper utama jika tibatiba Courtois memutuskan hengkang. Nah, Willy Caballero datang sebagai sekoci penyelamat. Caballero berstatus free agent sejak dilepas Manchester City pada 25 Mei lalu. Chelsea pun langsung menyambar kiper buangan City tersebut. Dan, kemarin dia resmi dikontrak selama semusim oleh Chelsea. ”Aku sangat senang bisa bergabung dengan juara Premier League. Aku tak sabar bertemu rekan baruku dan membantu klub ini meraih banyak kesuksesan pada musim baru,’’ papar Caballero di situs resmi Chelsea. Direktur Teknik Chelsea Michael Emenalo mengungkap­kan, Caballero tidak hanya direkrut untuk menggenapi kuota tiga kiper The Blues –sebutan Chelsea. Namun, kiper 35 tahun asal Argentina itu bisa diproyeksi­kan sebagai kiper utama. Sebab, Caballero termasuk kiper berpengala­man di Premier League. Tercatat, sejak direkrut dari Malaga dengan banderol GBP 6 juta (Rp 104,15 miliar) per 8 Juli 2014, Caballero sudah menorehkan 47 pertanding­an di semua kompetisi. Bersama The Citizens, julukan City, Caballero berhasil mempersemb­ahkan Piala Liga pada musim 2015–2016.

”Kami begitu bersemanga­t karena berhasil mendapatka­n Willy di skuad kami,’’ ujar Emenalo sebagaiman­a dilan sir

London Evening Standard. ”Dia sudah teruji dengan baik dan sangat mengenal Premier League,’’ pujinya.

Emenalo tak menampik peluang Caballero menjadi shot-stopper utama. Itu bisa terjadi jika negosiasi yang dilakukan Chelsea dengan Courtois masih buntu.

Kontrak Courtois dengan tim asal London Barat tersebut bakal habis musim panas 2019. So, Chelsea pun harus bergerak cepat untuk memagari pilar timnas Belgia itu. Masalahnya, sebagaiman­a diberitaka­n Daily Mail, Courtois mengajukan permintaan yang membuat manajemen gamang. Kiper 25 tahun tersebut meminta Chelsea menaikkan gajinya. Nah, yang membuat Chelsea keberatan, Courtois meminta nominal gaji yang sama dengan penjaga gawang Manchester United David De Gea. Setiap pekan De Gea menerima GBP 200 ribu (Rp 3,47 miliar). The Sun melansir, Courtois merasa layak untuk mengajukan penawaran setinggi itu. Sebab, dia sudah menjadi bagian penting Chelsea dalam tiga musim terakhir. Namun, Chelsea keberatan. Apalagi, mereka juga harus menyiapkan anggaran besar senilai GBP 10 juta (Rp 173,59 miliar) demi mempertaha­nkan Eden Hazard dalam draf perpanjang­an kontrak yang tengah dirundingk­an.

Courtois sendiri sudah punya opsi jika negosiasi dengan Chelsea buntu. Dia bisa saja terbang ke Spanyol untuk bergabung dengan Real Madrid. Sang agen, Christophe Henrotay, membenarka­n kemungkina­n tersebut. Henrotay mengaku sering bertemu para petinggi Real. ”Mereka sering membicarak­an Thibaut,” tutur Henrotay kepada Daily Mail. ”Tentu, hal itu tidaklah mengagetka­n, mengingat Thibaut adalah pemain yang selalu mempersemb­ahkan trofi,” tambahnya.

Namun, klaim tersebut bisa jadi bakal mentah. Sebab, London Evening Standard memberitak­an bahwa Real mulai mundur dalam perburuan Courtois. Sebaliknya, Real lebih cenderung memilih De Gea.

Kans Courtois untuk bergabung dengan Real semakin tipis. Sebab, menurut klaim

Daily Mail, mantan kiper Atletico Madrid itu tengah bersiap kembali ke London untuk melakoni sesi latihan pramusim. Saat ini, Courtois tengah menikmati libur musim panasnya di Los Angeles.

Perburuan amunisi Chelsea juga tak terhenti pada sosok Caballero. Tim asuhan Antonio Conte itu, kabarnya sudah menyiapkan dana sebesar GBP 30 juta, untuk memboyong bek Antonio Rudiger dari AS Roma. Rudiger saat ini masih bermain di final Piala Konfederas­i 2017 bersama timnas Jerman. Target lainnya adalah. Tiemoue Bakayoko dan Alex Sandro. Untuk Alex Sandro, Chelsea sudah menyiapkan anggaran GBP 60 juta.

 ?? NIGEL RODDIS/EPA ?? MANTAN RIVAL: Ekspresi Willy Caballero setelah menggagalk­an peluang di Liverpool di Premier League pada 19 Maret lalu.
NIGEL RODDIS/EPA MANTAN RIVAL: Ekspresi Willy Caballero setelah menggagalk­an peluang di Liverpool di Premier League pada 19 Maret lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia