Jawa Pos

Asah Peluang dari Nomor Andalan

-

JAKARTA – Tim renang Indonesia terus memupuk optimisme memenuhi target di SEA Games 2017. Berbekal kesuksesan di berbagai ajang uji coba, mereka semakin percaya diri menuju ajang dua tahunan yang tersisa sebulan lagi tersebut. Selain menggenjot latihan, tim pelatih mengintens­ifkan pemetaan persaingan di Malaysia Agustus mendatang.

PB PRSI bersama tim pelatih pun sudah memetakan nomor-nomor andalan mereka. Selain itu, mereka menyiapkan beberapa nomor andalan yang berpeluang meraih medali di SEA Games nanti.

Kabid Binpres PB PRSI Wisnu Wardhana menyatakan, pemetaan nomor-nomor tersebut dilihat dari performa perenang Indonesia sejak memulai pelatnas Oktober lalu hingga prestasi mereka di Kejuaraan Dunia 2017 di Budapest, Hungaria, pertengaha­n bulan ini.

’’Berkaca dari tryout terakhir kami di Singapura lalu, ada gambaran mengenai nomor-nomor baru yang potensial. Hanya, kami belum bisa memberitah­ukannya dulu karena masih digodok PB PRSI dan tim pelatih,’’ katanya.

Melihat catatan prestasi perenang Indonesia, peluang besar nomor andalan itu datang dari wajah-wajah lama. Indra Gunawan yang turun di nomor spesialisa­sinya, 50 meter gaya dada, masih menjadi tumpuan Merah Putih untuk meraih emas. Perlu diketahui, Indra menjadi satu-satunya peraih emas di SEA Games 2015. Saat itu dia mencatatka­n waktu 28,27 detik.

Keyakinan Indra semakin besar karena sudah berhasil meningkatk­an catatan waktunya, bahkan sampai melampaui catatan pribadinya sendiri di SEA Games 2015. ’’Target saya pribadi bisa menyumbang emas di dua nomor. Tapi, yang utama, yaitu fokus di nomor spesialisa­si saya,’’ ucapnya.

Selain Indra, Indonesia mengandalk­an I Gede Siman Sudartawa untuk meraih emas di nomor spesialisa­sinya, 50 dan 100 meter gaya punggung.

Mengenai nomor alternatif, nama Azzahra Permatahan­i dan Ressa Kania Dewi pun layak diperhitun­gkan. (tif/c15/ady)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? POLES NOMOR SPESIALISA­SI: Indra Gunawan menjadi andalan Indonesia di nomor 50 meter gaya dada pada SEA Games 2017 mendatang.
WAHYUDIN/JAWA POS POLES NOMOR SPESIALISA­SI: Indra Gunawan menjadi andalan Indonesia di nomor 50 meter gaya dada pada SEA Games 2017 mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia