Jawa Pos

Peluang Putri Lebih Besar

Elga Perkuat Nomor BMX dan Track

-

JAKARTA – Harapan untuk menjadikan cabor balap sepeda sebagai lumbung emas di SEA Games 2017 masih sangat besar. PB ISSI, induk balap sepeda tanah air, sudah memetakan persaingan yang bakal dihadapi para pembalap Indonesia di ajang dua tahunan itu. Salah satu peluang medali emas buat Indonesia berada di sektor putri di tiga nomor yang akan dipertandi­ngkan. Yakni, BMX, track, dan road.

Di nomor BMX, Elga Kharisma Novanda menjadi tumpuan utama bersama Cupi Novianti. Selanjutny­a, untuk nomor track, pembalap senior Santia Tri Kusuma dan Uyun Muzizah bakal didampingi Chris- mo ni ta Dwi serta Elga. Elga memang diproyeksi­kan turun di dua nomor sekaligus saat SEA Games nanti. ” Tapi, Elga diproyeksi­kan bakal turun di nomor sprint. Dia punya kans di situ,” sebut Ketum PB ISSI Raja Sapta Oktohari.

Pembalap tuan rumah, Malaysia, dan Thailand bakal menjadi penantang kuat buat wakil Indonesia. Kekuatan balap Indonesia saat ini memang masih bertumpu pada para jua ra di PON XIX/2016.

Khusus di sektor putra, PB ISSI memang cukup realistis melihat persaingan yang bakal mereka hadapi. Terlebih, di nomor track, Malaysia diprediksi tampil superior dengan sederet pembalap top mereka.

Tuan rumah akan mengandalk­an Azizulhasn­i Awang atau Firdaus Sahrom. Keduanya merupakan pemba- lap kelas dunia yang menjadi tumpuan Malaysia. Tahun ini Awang mendulang emas pertama negaranya di nomor keirin kejuaraan dunia di Hongkong 12–16 April 2017.

Sementara itu, Firdaus me ru pakan peraih perunggu Piala Dunia track di Los Angeles, Amerika Serikat ( AS), Februari lalu. Mereka berdua akan menjadi motor peraih me dali buat tuan rumah. Total 13 medali emas nomor track akan me ramaikan persaingan di SEA Games mendatang.

”Di track putra cukup berat. Kami berharap anak-anak bisa memberikan kejutan,” sebut Budi Saputra, manajer pelatnas balap sepeda Indonesia. Di nomor road, tim putra mengandalk­an muka lama seperti Aiman Cahyadi dan Robin Manullang.

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? TARGET POTENSIAL: Selain berjuang di nomor BMX, Elga Kharisma Novanda menjadi andalan di nomor track pada SEA Games 2017.
WAHYUDIN/JAWA POS TARGET POTENSIAL: Selain berjuang di nomor BMX, Elga Kharisma Novanda menjadi andalan di nomor track pada SEA Games 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia