Jawa Pos

Parade Kostum Buah-buahan

-

SURABAYA – Penampilan mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universita­s Surabaya (Ubaya) di Taman Bungkul menarik perhatian warga kemarin (2/7). Sepanjang rute car free day (CFD), tak sedikit warga yang mengabadik­an momen itu dengan ponsel. Sebagian warga juga berfoto bersama mahasiswa yang berpawai dengan kostum karnaval.

Mahasiswa yang berasal dari prodi desain dan manajemen produk (DMP) serta program kekhususan desain fashion dan produk lifestyle (DFPL) melakukan pawai untuk memperinga­ti Hari Buah Sedunia yang jatuh pada 1 Juli. Mereka menampilka­n 14 kostum bertema buah. Ada rambutan, jambu, pepaya, belimbing, durian, nangka, manggis, salak, dan nanas.

Mereka juga mengampany­ekan gerakan gemar makan buah. Sepanjang jalan, mereka membagikan selebaran kepada masyarakat. Kemudian menginform­asikan kandungan baik dalam buah bagi masyarakat. ”Harapannya, masyarakat semakin sadar pentingnya makan buah,” tutur Brian Kurniawan Jaya selaku ketua panitia acara itu saat mendamping­i pawai kemarin.

Proses persiapan kegiatan tersebut dirancang sejak dua bulan lalu. Tepatnya setelah ujian tengah semester (UTS). Dosen pengampu mata kuliah rupa dasar di DFPL dan kreativita­s di DMP menugasi mahasiswan­ya untuk membuat kostum buah. Satu kelompok berisi 4–5 mahasiswa.

Setiap pertemuan, seluruh kelompok melaporkan hasil karya masing-masing melalui asistensi. Mulai desain awal hingga hasil jadi. Produk kostum buah itu masuk penilaian ujian akhir semester para mahasiswa semester II yang naik ke semester III tersebut. Mereka juga menargetka­n bisa tampil pada Hari Buah Sedunia.

Jihan Ayu Fuji Astuti mengatakan, tugas membuat kostum tersebut penuh tantangan. Karya mahasiswa program kekhususan DFPL itu sempat ditolak dosen hingga lima kali. Namun, dia dan ketiga temannya, yakni Nabila Anggraeni, Jessica, dan Aulia Afifah, tidak kehabisan ide. ”Kami ikuti saran dosen. Yang kurang terus diperbaiki,” ujarnya.

Karya kostum yang terinspira­si buah rambutan itu akhirnya jadi dalam waktu kurang dari satu bulan. Jihan dan kawan-kawan mengerjaka­nnya sendiri mulai dari desain, pengecatan, hingga hasil akhir. Hasilnya jauh dari kata mengecewak­an. Bahkan, desain itu paling diminati masyarakat untuk diajak foto bersama di CFD Taman Bungkul.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? CANTIKNYA: Andyana Noverika mengenakan kostum bertema buah salak.
GHOFUUR EKA/JAWA POS CANTIKNYA: Andyana Noverika mengenakan kostum bertema buah salak.
 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? MENARIK PERHATIAN: Kostumkost­um karya mahasiswa Ubaya ini diparadeka­n saat car free day kemarin. Mereka merancang sendiri kostum bertema buah-buahan sebagai penilaian ujian akhir semester.
GHOFUUR EKA/JAWA POS MENARIK PERHATIAN: Kostumkost­um karya mahasiswa Ubaya ini diparadeka­n saat car free day kemarin. Mereka merancang sendiri kostum bertema buah-buahan sebagai penilaian ujian akhir semester.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia