Jawa Pos

Modifikasi Kursi Roda

-

SURABAYA – Inovasi transporta­si diciptakan untuk membantu penyandang tunadaksa. Lima mahasiswa Politeknik Elektronik­a Negeri Surabaya (PENS) membuat kursi roda listrik yang bisa digu nakan secara mandiri oleh para penyandang disabilita­s.

Alat ciptaan Imam Yulianto, Kenno Robby, Ahmad Ayman, Achmad Hidayat, dan M. Miftahuddi­n tersebut bernama three wheels electric bike (Trike). Bentuk Trike mirip kursi roda dengan tambahan setang sepeda di bagian depan.

Di bawah setang alat tersebut, terdapat kotak hitam. Isinya aki untuk menjalanka­n Trike. ”Kotak aki ini tersambung langsung dengan mesin Trike yang berada di roda depan,” ujar Imam Yulianto.

Ide pembuatan Trike tersebut berawal dari kegelisaha­n melihat penyandang tunadaksa yang kesulitan melakukan aktivitas keseharian. Untuk bepergian, mereka umumnya mengandalk­an sanak keluarga untuk mendorong ke sana kemari menggunaka­n kursi roda.

Sementara itu, jika ada penyandang tunadaksa yang melakukan aktivitas secara mandiri, mereka menggunaka­n sepeda dengan cara dikayuh. ”Kekurangan ini yang menginspir­asi kami membuat Trike,” jelas mahasiswa jurusan teknik elektro industri itu.

Prinsip Trike sebenarnya mirip sepeda listrik. Trike bisa dijalankan dengan bantuan mesin. Pengguna tinggal tancap gas di bagian setang untuk menjalanka­nnya. Untuk menghindar­i kecelakaan, Trike telah didesain khusus untuk kenyamanan pengguna penyandang tunadaksa. Trike hanya bisa melaju dengan kecepatan kurang dari 12 mph. Trike juga dapat berjalan maju-mundur.

Selain menggunaka­n tenaga listrik, saat ini tim sedang merancang alternatif energi melalui panel surya. Pemasangan energi alternatif itu digunakan untuk antisipasi jika dalam perjalanan daya aki habis. ”Ini sudah kami persiapkan,” tuturnya.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? INOVASI TRANSPORTA­SI: Tim mahasiswa Politeknik Elektronik­a Negeri Surabaya memperliha­tkan kursi roda inovasinya yang diberi nama Trike.
EDI SUSILO/JAWA POS INOVASI TRANSPORTA­SI: Tim mahasiswa Politeknik Elektronik­a Negeri Surabaya memperliha­tkan kursi roda inovasinya yang diberi nama Trike.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia