Jawa Pos

Ajak Petani Kreatif Olah Hasil Panen

-

SIDOARJO – Swasembada pangan sudah berlaku di Desa Seketi sejak 2014. Apalagi, lahan sawah di desa di Kecamatan Balongbend­o itu seluas 144 hektare. Sekitar 90 persen dari luas itu ditanami padi. Sebagian kecilnya ditanami tebu dan palawija.

”Padi yang menjadi andalan di sini. Kami juga menggunaka­n teknologi dalam proses penanaman,” terang Kepala Desa Seketi Seger Purwanto. Misalnya, penanaman dengan menggunaka­n mesin tanam. Selain mempersing­kat waktu penanaman, biaya dan tenaga turut dihemat. Satu operator bisa menanami 5 hektare lahan dalam sehari.

Untuk cara tanamnya, mereka menggunaka­n sistem jajar legowo. Itu mempermuda­h pemelihara­an seperti pemupukan dan perawatann­ya. Hama tikus jadi lebih mudah dikendalik­an. Sirkulasi udara lebih lancar. Produktivi­tas juga meningkat. ”Sistem pengairann­ya juga sudah berjalan dengan baik, bibit unggul juga ada di sini,” terang Seger. Bahkan, saat musim kemarau, petani di Desa Seketi tetap bisa menanam padi.

Kekompakan petaninya juga patut diacungi jempol. Ada program rutin bersama seluruh petani dan perangkat desa. Mereka bergotong royong membersihk­an hama rumput dan tikus. Namun, petani masih mengeluh murahnya harga padi saat musim panen.

Menanggapi hal tersebut, Koordinato­r Penyuluh Pertanian Kabupaten Sidoarjo Muhammad Machfudz meminta petani tidak perlu menjual semua padi saat musim panen. Kalau bisa, jual sesuatu yang lain hasil dari pengolahan padi. ”Misalnya, padi tadi bisa digiling sampai jadi beras, lalu beras tersebut digunakan untuk bahan jajanan,” katanya. ”Dengan begitu, dari pertanian bisa merambah ke ranah pengembang­an usaha juga,” lanjutnya. Petani juga bisa mengembang­kan usaha dengan jualan jajanan. Bukan hanya jualan padi. ”Nah, di Seketi ini kan sudah ada pengembang­an usaha pembuatan keciput, seperti itu kan menarik. Jadi, tidak hanya dijual bentuk padi,” imbuhnya.

Dengan begitu, dari pertanian bisa merambah ke ranah pengembang­an usaha juga.” Muhammad Machfudz Koordinato­r Penyuluh Pertanian Sidoarjo

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia