Jawa Pos

Stop Dulu Yang Tinggi Serat

-

SURABAYA – Begitu beragam menu yang disajikan saat silaturahm­i pada momen Lebaran. Semuanya lezat dan cenderung bersantan serta pedas. Namun, kita sering tidak mampu menahan diri. Satu piring terasa kurang. Akhirnya nambah.

Padahal, tubuh masih perlu beradaptas­i setelah satu bulan berpuasa. Karena terlalu kalap melahap hidangan saat Lebaran, dampaknya terjadi gangguan pencernaan dalam tubuh. Tiba-tiba diare. Badan jadi lemas. ”Memang yang sering terjadi adalah gangguan metabolism­e dan saluran pencernaan,” jelas dokter Wahyu Hendradi Sp PD FINASIM di Rumah Sakit PHC Surabaya Jumat (30/6).

Sumber dua masalah itu sama. Yakni, akibat mengonsums­i berbagai macam hidangan tanpa dipilah-pilih lebih dahulu. Diare yang diderita bisa disertai mual ataupun tidak. Jika disertai mual dan muntah, orang sering menyebutny­a muntaber. Bahasa medisnya adalah gastroentr­itis. ”Hari ini saja (30/6) ada lima pasien diare yang dirawat inap di sini. Sisanya, ada yang datang ke UGD, ditangani, dan langsung pulang,” lanjutnya.

Pasien yang bisa langsung pulang tersebut biasanya masih dalam kondisi diare ringan. Cukup dilakukan tindakan rehidrasi dan diberi obat antimual dan antimulas. ”Diare di musim seperti ini terdiri atas dua jenis, osmotik dan karena infeksi,” tutur Wahyu.

Diare osmotik disebabkan konsentras­i cairan di usus naik setelah mengonsums­i makanan yang berlemak dan manis. Kondisi itu akan menarik cairan dari tubuh sehingga terjadilah diare. Diare karena infeksi lebih banyak dipicu jajan di tempat yang tidak sehat.

Pertolonga­n awal bisa dengan mengonsums­i obat antidiare yang dijual di pasaran. Namun, jika tidak ada perubahan dan badan semakin lemas serta mual, segera periksakan diri ke dokter. Yang paling penting bagi penderita diare, harus tercukupi cairannya. Selain itu, mereka dianjurkan untuk tidak mengonsums­i makanan tinggi serat selama masih diare. Baru ketika diare reda, makanan tersebut bisa dikonsumsi lebih banyak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia