Jawa Pos

Maverick TERBANG LAGI

-

Sekuel Top Gun Rilis 2019

LOS ANGELES – Jumat lalu (30/6) produser Mummy Jerry Bruckheime­r membawa kabar yang membuat

moviegoers, terutama generasi ’80 dan ’90-an, supergembi­ra. Dia akan membuat sekuel film yang ngetop pada akhir ’80-an, Top Gun. Diberi judul Top Gun: Maverick, film tersebut dirilis dua tahun lagi. Tentu, masih menceritak­an Pete ’’Maverick’’ Mitchell, pilot US Navy yang diperankan anak muda yang bikin mimisan cewek-cewek di zamannya: Tom Cruise.

’’Bangga mengumumka­n berita ini. Joe Kosinski siap menjadi sutradara. Dan, Top Gun bakal hadir di bioskop 12 Juli 2019,’’ tulis Bruckheime­r di Twitter. Kosinski pernah bekerja sama dengan Cruise di film Oblivion pada 2013.

Sebelumnya, Cruise sudah mengonfirm­asi bahwa dirinya bakal kembali memerankan franchise Maverick saat diwawancar­ai stasiun TV Australia Mei lalu. ’’Benar. Aku mulai syuting mungkin tahun depan,’’ ungkapnya. Ayah Suri Cruise itu juga mengungkap­kan judul proyek film tersebut. ’’Filmnya nggak bakal kunamai Top Gun 2 karena tidak mau judul berupa angka,’’ lanjut dia sebagaiman­a dikutip Access Hollywood.

Ide penggarapa­n sekuel Top Gun muncul sejak lima tahun lalu. David Ellison, CEO Skydance Production­s, pernah menyatakan bahwa kisahnya bakal disesuaika­n dengan era sekarang. Yakni, menceritak­an berakhirny­a era pilot petarung ( fighter pilot).

’’Sangat mencermink­an teknologi drone di dunia kita kini. Para anggota militer generasi Impossible) kelima benar-benar menjadi pasukan petarung terakhir yang ditempa US Navy,’’ paparnya. Ellison menyatakan, beberapa ide cerita sempat muncul dan dikerjakan. Namun, pengembang­annya sempat mandek lantaran meninggaln­ya eninggalny­a sutradara Top Gun Tony Scott pada 2012. Sekuel Top Gun bakal menambah mbah deretan panjang franchise film action yang dibintangi­bintangi Cruise. Yakni,

Mission: Impossible, Jack Reacher,eacher, dan yang teranyar peran Nick Morton di reboot jagat film monster milik Universal, rsal, Dark Universe. Total, ada empat franchise yang menampilka­n aktor yang g tengah berulang tahun hari ini tersebut.sebut.

Pertanyaan­nya, bisakah namaama besar Cruise mengangkat film ilm yang dibintangi­nya? Mengingat gat film terakhirny­a, The Mummy, my, hancur lebur dihajar kritikik dan gagal total di box office. Pada pekan perdana pemutaran, film yang membuka franchise Universal diberi titel Dark Universe itu hanya meraup USD 31,7 juta atau setara Rp 422 miliar.

Angka itu jauh dari standar film Cruise yang biasanya di atas USD 75 juta. Hingga kini, The

mengumpulk­an USD 347 juta (sekitar Rp 4,6 triliun) di seluruh dunia.

Tidak sampai sepuluh bulan lalu, Cruise juga membintang­i Jack Jack Reacher: Never Go Back. Film yang dirilis Oktober 2016 itu bernasib sama dengan The Mummy. Selain rating- nya jatuh, pendapatan filmnya turun hingga 25 persen dari prekuelnya. Yakni, hanya USD 162,1 juta (Rp 2,155 triliun). Hm, sihir si anak emas Hollywood mulai pudar rupanya.

Ada beberapa hal yang menyertai fenomena itu. Pengamat film Erik Benjamin mengungkap­kan bahwa penonton saat ini (terutama di pasar Amerika Utara) tidak lagi berpatokan kepada figur. Mereka lebih menyukai unsur kebaruan dan keseruan sebuah film. Itulah mengapa

Marvel selalu disuka meski pemainnya mungkin bukan aktor kelas A.

Lihat saja Guardians of the Galaxy yang sukses berat meski hanya memasang Chris Pratt. Saat bermain di Guardians pertama (2014), Pratt tidak pernah bermain di film besar sebagai lead actor. Demikian pula halnya dengan Wonder Woman yang dibintangi aktris dengan portofolio pendek, Gal Gadot. ’’Publik selalu haus sesuatu yang baru,’’ kata Benjamin saat menulis di Daily Orange.

Nah, karena itulah, nama Cruise makin sulit dijual. Sebab, perannya mirip-mirip semua! Dia selalu kebagian karakter mata-mata atau jagoan yang save the day. Padahal, jadwal rilis film-film dia berdekatan. ’’Selain Ethan Hunt ( Mission:

dan Maverick, karakter lainnya tidak ada yang melekat di benak penonton,’’ ulas kritikus film senior Variety Owen Gleiberman. Di antara padatnyap franchise tersebut, peraih tiga piala Golden Globes itu memang punya beberapa film solo. Di antaranya,antar Knight and Day,

Oblivion,Oblivion dan Edge of Tomorrow. ’’Namun,’’Namun semua khas Tom. Dia seakan inginin membuktika­n dirinya masih eksis,eksi tetap ganteng, dan tidak menua. PotonganP rambutnya saja

nggak berubah,’’be sindir Sam Schube dalam ulasannya tentang The

MummyMu di Medium. Hei, kan memangm itu yang paling

penting. Tetap ganteng! (THR/Variety/USA Today/fam/c4/na)

 ??  ?? IDOLA ’80-AN: Tom Cruise dan Kelly McGillis dalam poster paling ikonik Top Gun (1986). Sekuelnya, Top Gun: Maverick, mulai syuting tahun depan.
IDOLA ’80-AN: Tom Cruise dan Kelly McGillis dalam poster paling ikonik Top Gun (1986). Sekuelnya, Top Gun: Maverick, mulai syuting tahun depan.
 ?? MANDY CHENG/AFP PHOTO ?? PERAN SETIPE: Tom Cruise menghadiri konferensi pers The Mummy di Taipei (25/5).
MANDY CHENG/AFP PHOTO PERAN SETIPE: Tom Cruise menghadiri konferensi pers The Mummy di Taipei (25/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia