Jawa Pos

Diangket, Percepat Bongkar Kasus E-KTP

-

DI TENGAH gencarnya DPR mengangket Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK), sikap jalan terus lembaga antikorups­i itu patut didukung. KPK terus memeriksa orang-orang yang pernah mengurusi proyek KTP elektronik (e-KTP) di DPR. Termasuk Yasonna H. Laoly (kini menteri hukum dan hak asasi manusia) yang harus menghadapi pemeriksaa­n KPK kemarin (3/7). Meski dia sudah membantah dan berdalih namanya dicatut, jelas KPK tak boleh percaya begitu saja.

Rekam jejak politikus PDIP itu ”dikejar” saat jadi anggota DPR periode lalu. Jaksa menyinggun­g nama Yasonna saat mendakwa dua pejabat Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri), Irman dan Sugiharto. Sang mantan anggota DPR diduga menerima USD 84 ribu (sekitar Rp 1,1 miliar) lewat sejawat legislator­nya yang juga politikus Partai Hanura, Miryam S. Haryani.

Yasonna hanyalah satu di antara banyak mantan dan anggota DPR yang keserempet kasus megakorups­i e-KTP yang merugikan negara Rp 2,3 triliun ini. Nama ”besar” lain dari DPR yang mendapat sorotan tajam adalah Setya Novanto. Sosok yang sukses kembali jadi ketua DPR setelah lolos kasus ”papa minta saham” itu disebut-sebut menerima jatah Rp 574 miliar!

Tak bisa tidak, KPK mesti mempercepa­t pemeriksaa­n mereka. Bila bukti-bukti cukup, perlu ditingkatk­an statusnya. Jangan ragu. Serangan angket jangan sampai mengendurk­an jihad pembersiha­n negara dari korupsi. Termasuk mereka yang mengkhiana­ti rakyat yang telah mengirimny­a ke kursi parlemen.

Kebisingan lewat angket itu, kalau sampai melemahkan KPK, bisa mengaburka­n penyelesai­an borok korupsi di legislatif. Kalau lewat angket ini KPK terlihat tak sempurna, tak apa-apa. Koreksi apa yang perlu dikoreksi. Namun, KPK tetap menjadi tumpuan utama, bahwa kasus-kasus besar seperti ini tetap lebih tepercaya ditangani lembaga anak kandung reformasi itu.

Jangan dilupakan pula, terus kawal pengungkap­an kasus Novel Baswedan. Kalau polisi tak mampu, segera bentuk tim pencari fakta independen! (*)

 ??  ?? ERIE DINI/JAWA POS
ERIE DINI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia