Jawa Pos

Penjualan Elektronik Naik di Kuartal Ketiga

-

SURABAYA – Penjualan elektronik pada kuartal pertama tahun ini di Jawa Timur sempat turun 20 persen. Pada kuartal kedua, penjualan elektronik mulai pulih karena terdongkra­k momen Lebaran.

Vice President Director Hartono Elektronik­a Martin Suprapto menyatakan, penjualan produk home appliances memang turun. Namun, produk IT masih naik tipis. Sedangkan pada kuartal kedua penjualan home appliances mulai terkerek kebutuhan untuk momen Lebaran. Home appliances masih mendominas­i penjualan cukup tinggi sekitar 60 persen.

Dia menjelaska­n, kondisi politik dan ekonomi awal tahun masih belum stabil sehingga berpengaru­h terhadap penjualan elektronik. ”Sedangkan setelah Lebaran mungkin kebutuhan masyarakat terhadap pembayaran uang sekolah untuk anaknya sudah selesai. Jadi pembelian elektronik bisa lebih kenceng,” ujarnya kemarin (3/7). Dia memprediks­i, pada kuartal ketiga pihaknya dapat menikmati kenaikan penjualan 10–20 persen lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya.

”Nanti peak-nya pada kuartal keempat menjelang akhir tahun,” ujarnya. Hartono sendiri menargetka­n penjualan tahun ini bisa tumbuh di angka 20 persen. Karena itu, pihaknya berharap penjualan properti bisa tumbuh membaik di Jatim. Sebab, pertumbuha­n properti masih menjadi salah satu faktor utama pendongkra­k permintaan elektronik. Beberapa jenis produk elektronik pun sudah bukan lagi menjadi barang mewah, tetapi kebutuhan dasar seperti kulkas, AC, dan televisi.

Selain sektor properti, nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing berperan penting. Faktor cuaca juga cukup memengaruh­i. ”Jika musim hujan, biasanya orang malas untuk berbelanja ke toko secara langsung,” katanya. Untuk itu, Hartono menyiasati hal tersebut dengan mengembang­kan pembelian elektronik secara

online. Martin menyatakan, pertumbuha­n penjualan online cukup tinggi meskipun kontribusi­nya memang masih mini.

” Tetapi, masyarakat biasanya membeli elektronik secara online maksimal di angka Rp 7 jutaan. Jika di atas nilai tersebut, mereka tetap merasa lebih aman untuk datang ke toko,” jelas Martin. (vir/c21/sof)

 ??  ?? FRIZAL/JAWA POS BERGAIRAH: Deretan produk di Hartono Elektronik­a, Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS BERGAIRAH: Deretan produk di Hartono Elektronik­a, Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia