Jawa Pos

Rekor Transfer The Gunners

-

LONDON – Janji CEO Arsenal, Ivan Gazidis, untuk mendapatka­n pemain berkualita­s di bursa transfer musim panas ini tampaknya bakal segera terwujud. Itu terjadi setelah kemarin Arsenal dan Olympique Lyon merampungk­an proses transfer Alexandre Lacazette. Namun, nominal penjualan Lacazette versi media pun bervariasi. Business Insider melaporkan, Arsenal harus membayar GBP 44 juta (Rp 763,42 miliar). Lalu, London Evening Stan-

dard melansir GBP 52 juta (Rp 902,22 miliar). Perinciann­ya, GBP 45 juta (Rp 780,77 miliar) adalah harga pembelian, lalu GBP 7 juta (Rp 121,45 miliar) merupakan bonus performa.

Berapa pun nominal yang dilansir, Lacazette tetap akan menorehkan sejarah transfer. Baik bagi Arsenal maupun Lyon.

Untuk Arsenal, nominal itu mengalahka­n GBP 42,4 juta (Rp 735,66 miliar) ketika merekrut Mesut Oezil musim panas 2013. So, bomber 26 tahun tersebut berpeluang mencatatka­n namanya sebagai pembelian termahal dalam sejarah transfer The Gunners, julukan Arsenal. Bukan hanya Arsenal. Lacazette juga bakal menorehkan rekor buat Lyon. Dia bakal mematahkan rekor penjualan Karim Benzema ke Real Madrid musim 2009–2010 dengan banderol GBP 35,9 juta (Rp 622,88 miliar).

Presiden Lyon, Jean-Michel Aulas, mengonfirm­asi bahwa klubnya telah mendapatka­n kesepakata­n harga dengan klub tersukses Piala FA (13 gelar) tersebut. ”Aku pikir prosesnya bakal berjalan dalam 1–2 hari ke depan,” ujarnya seperti dilansir Le Progres. Pengusaha yang menjadi owner Lyon sejak 1987 itu menyatakan, sejatinya La

ca- zette ingin bergabung dengan klub impiannya, Atletico Madrid. Kesepakata­n lisan sudah dilakukan. Namun, karena Los Colchonero­s –sebutan Atletico– masih terkena embargo transfer dari FIFA, harapan Lacazette pun kandas. Saat itulah, Arsenal datang dengan tawaran yang tak kalah menggiurka­n.

”Pembelian ini tentu akan menjadi sejarah,” ujar Aulas. ”Sebab, klub seperti Arsenal dan Bayern Muenchen biasanya tidak akan menghambur­kan uang mereka di atas EUR 40 juta (Rp 608,25 miliar) hanya untuk membeli satu pemain,” terang pria berusia 68 tahun tersebut.

Lacazette jelas menjadi pembelian yang sangat bagus bagi Meriam London, sebutan lain Arsenal. Sebab, saat ini mereka harus mengantisi­pasi kemungkina­n hengkangny­a bintang mereka, Alexis Sanchez.

Kepergian Sanchez begitu mereduksi serangan Arsenal. Apalagi, dari enam penyerang yang nangkring di daftar top scorer klub semua kompetisi, hanya bintang timnas Cile itulah yang melesakkan 30 gol.

Sementara itu, Theo Walcott yang berada di posisi kedua hanya melesakkan 15 gol. Selain itu, masuknya Lacazette jelas bakal memberikan kontribusi, terutama di peran lone striker.

Selama ini Olivier Giroud, Danny Welbeck, maupun Lucas Perez yang menjadi targetman The Gunners, jika ditotal, hanya bisa meraup 27 gol di semua kompetisi. Angka itu nyaris sama dengan koleksi gol Lacazette di Ligue 1 musim lalu (28 gol).

”Lacazette juga pemain versatile,” ulas koresponde­n ESPN, Mattias Karen. ”Dia bisa diletakkan sebagai winger jika Sanchez pergi,” imbuhnya.

Selain Lacazette, Arsenal tengah memburu winger Leicester City, Riyad Mahrez, dengan estimasi harga GBP 35 juta (Rp 607,26 miliar). Daily Express melansir, Leicester sudah menyetujui tawaran tersebut. (apu/c6/bas)

 ?? PHILIPPE DESMAZES/AFP PHOTO ?? UKIR SEJARAH: Alexandre Lacazette setelah membobol gawang Nice di Ligue 1 (20/5). Dia berpeluang menjadi pemain termahal Arsenal.
PHILIPPE DESMAZES/AFP PHOTO UKIR SEJARAH: Alexandre Lacazette setelah membobol gawang Nice di Ligue 1 (20/5). Dia berpeluang menjadi pemain termahal Arsenal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia