Jawa Pos

Drawing Sepak Bola Untungkan Malaysia

Tuan Rumah Bisa Pilih Grup Sendiri

-

JAKARTA – Undian alias drawing cabang olahraga sepak bola SEA Games 2017 berpotensi memicu masalah. Sebab, tuan rumah Malaysia meminta perlakuan khusus. Mereka bisa memilih grup sendiri. Malaysia dapat memilih grup yang pesertanya paling sedikit.

Keistimewa­an untuk Malaysia itu ditentang Indonesia. Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menyatakan, aturan tersebut menepiskan nilai fair play yang ada dalam sepak bola. Pertemuan dengan AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN) pada 1 Juli lalu menghasilk­an rekomen dasi un tuk mengubah sistem drawing tersebut. ”AFF secara resmi sudah bersurat kepada panitia lokal Malaysia (Malaysia Organizing Committee, Red),” kata Joko.

Bukan hanya Indonesia yang menolak sistem drawing tersebut. Juga negara-negara peserta SEA Games lainnya. PSSI, menurut Joko, merekomend­asikan kepada penitia lokal untuk mengembali­kan mekanisme drawing seperti edisi SEA Games sebelumnya. PSSI juga mengirim surat tembusan ke- pada Komite Olimpiade Indonesia (KOI) agar memantau proses tersebut.

”Spirit bahwa apa pun yang dijalankan untuk sepak bola harus mewariskan sikap fair play dan integritas sepak bola itu sendiri,” kata Joko.

Chef de Mission Indonesia Aziz Syamsudin siap mem perjuangka­n rekomendas­i PSSI tersebut. ” Drawing harus jujur, adil, dan merata. Jangan tuan rumah maunya enak,” ujarnya. Aziz akan mendamping­i PSSI dalam proses drawing pada 8 Juli.

Malaysia tidak hanya mengingink­an keistimewa­an dalam drawing sepak bola. Hal yang sama terjadi pada cabang futsal. Aziz meminta PSSI dan pengurus cabor yang lain untuk bersiap. Sebab, sebagai tuan rumah multievent olahraga, Malaysia memang punya hak khusus dalam hal tertentu. Nah, itulah yang harus diwaspadai.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi meminta kontingen Indonesia melakukan komunikasi dengan panitia lokal. Tujuannya, menyampaik­an pesan bahwa proses drawing harus dijalankan dengan fair play. ”Intinya, jangan sampai memberikan peluang tidak adil bagi siapa pun,” katanya. (nap/c10/ca)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia