Jawa Pos

Delapan untuk Sagan

-

LONGWY – Seperti prediksi awal, etape ketiga Tour de France 2017 yang melahap rute berbukit dan finis di Longwy yang merupakan tanjakan pendek 1,6 km dengan kemiringan 5,8% menjadi santapan para puncheur. Juara dunia Peter Sagan menja d i kam piun setelah berjibaku dengan Michael Matthews (Team Sunweb), Daniel Martin (Quick-Step Floors), dan Greg Van Avermaet (BMC Racing Team) di mulut garis finis.

Pada 300 meter terakhir menjelang finis, Sagan melakukan sprint dahsyat untuk melesat ke depan. Dia melewati Matthews dan Avermaet yang lebih dulu berada di depan. Kemenangan itu sekaligus membuat bintang asal Slovakia tersebut meraih ke me nangan etape ke de lapan nya se panjang karir di Tour de France.

’’Aku ingin berterima kasih kepada timku. Hari ini mereka melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa,’’ ucap Sagan sebagaiman­a dilansir Cyclingnew­s. ’’Mereka terus menarikku. Tidak mudah menghadapi angin yang cukup kencang kali ini. Itu sempat membuatku stres,’’ tambahnya.

Hasil itu juga membuat posisi Sagan di klasemen general clas- sification terkerek. Kini dia berada di posisi keempat dan terpaut 13 detik dari penyandang yellow jersey, Geraint Thomas (Team Sky). Thomas sampai saat ini mengumpulk­an catatan waktu 10 jam 31 detik. ’’Ini adalah salah satu etape terberat. Senang bisa melewatiny­a,’’ ucap Thomas.

Di sisi lain, rekan setim Thomas yang juga juara bertahan, Chris Froome, sukses finis di posisi kesembilan dalam peloton besar. Itu membuat Froome mendaki dengan menempati posisi kedua klasemen sementara. Juara Tour de France tiga kali tersebut hanya terpaut 12 detik dari Thomas. (irr/c19/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia