Jawa Pos

Vettel Didiskuali­fikasi Tepat di Hari Ultah

-

PARIS – Keputusan pahit harus diterima bintang Ferrari Sebastian Vettel pada hari ulang tahunnya ke-30 kemarin. Juara dunia empat kali itu mendapat hukuman keras dari FIA (Federasi Balap Internasio­nal) terkait insiden yang melibatkan dirinya dengan pembalap Mercedes Lewis Hamilton di Sirkuit Jalanan Baku pada GP Azerbaijan (25/6).

Setelah melakukan investigas­i dan mempelajar­i kejadian lebih lanjut, FIA sepakat mendiskual­ifikasi Vettel dari GP Azerbaijan. Sebelumnya, pembalap asal Jerman itu hanya mendapat hukuman penalti 10 detik.

Dokumen soal diskualifi­kasi Vettel sudah tersebar luas di media sosial. Namun, pengumuman resminya dilakukan di GP Austria pada 9 Juli mendatang.

’’Kejadian antara mobil 5 (Vettel) dan 44 (Hamilton) adalah tanggung jawab mobil 5,’’ tulis FIA dalam dokumen keputusan mereka yang bocor kemarin. ’’Mobil 5 sengaja menimbulka­n tabrakan berbahaya. Pengadilan menetapkan bahwa perilaku Sebastian Vettel harus dikenai sanksi dengan diskuali fi kasi,’’ tulis FIA lebih lanjut.

Dengan hukuman itu, otomatis catatan finis Vettel di posisi keempat GP Azerbaijan hangus. Artinya, 12 poin yang dikumpulka­n dari balapan ke-8 musim ini tersebut resmi dihapus. Vettel akan kembali mengumpulk­an 141 poin.

Karena Vettel didiskuali­fikasi, Hamilton dianggap finis di posisi keempat setelah sebelumnya berada di posisi kelima. Dia mendapat tambahan dua angka. Dengan keputusan tersebut, persaingan antara Vettel dan Hamilton kini makin panas. Sebab, Hamilton dan Vettel kini samasama mengumpulk­an 141 poin. Artinya, perseterua­n keduanya di Austria pekan depan akan semakin panas. (irr/c19/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia