Jawa Pos

Adu Masakan Chef Bintang Lima

-

SURABAYA – Kompetisi memasak antar- chef dari berbagai hotel berbintang di Surabaya berlangsun­g sengit kemarin (3/7). Sembilan chef berkompeti­si dalam Game of Stoves yang diadakan Marriott Internatio­nal Property. Mereka berebut kesempatan menampilka­n menu untuk momen HUT Kemerdekaa­n RI pada 17 Agustus mendatang

Kreasi pemenang bakal digunakan di seluruh jaringan Marriott Internatio­nal Property area Jawa Timur pada momen tersebut. Cita rasa dan presentasi menjadi faktor penting.

Para peserta berasal dari Four Points by Sheraton, Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Fairfield Marriott Surabaya, serta JW Marriott Hotel Surabaya. Kompetisi dibagi ke dalam empat kategori: appetizer, soup, main course, dan dessert.

Hidangan dinilai juri perwakilan properti. Di antaranya Executive Chef Sheraton Surabaya Hotel & Towers Steve Bhakti Tanudarma, dan Head Chef Fairfield Marriott Helmy. ’’Penampilan itu penting untuk menggugah selera makan,’’ tutur salah seorang juri, Helmy.

Panas kompor makin menyelimut­i panasnya kompetisi. Butiran keringat mengucur dari dahi Usman Fatona. Beberapa kali matanya melirik ke arah jarum jam yang baginya terasa begitu cepat. Waktu 45 menit adalah batas yang singkat.

Di tengah kesibukan, Usman masih bisa tenang menjawab berbagai pertanyaan dari juri yang silih berganti menghampir­i. Dia memasak rujak cingur. ’’Rujak cingur ini bakal saya buat dengan style bintang lima, bukan lagi kaki lima,’’ tegasnya.

Uniknya, dia membuat tampilan rujak cingur menjadi indah dengan komponen yang disusun dengan rapi. Pemenang kategori appetizer adalah chef Usman Fatona dari Four Points by Sheraton dengan menu rujak cingur. Chef M. Wiranto unggul dengan menu garang asem untuk kategori soup.

Poin tertinggi untuk kategori main course disabet chef Andi Hananto dari Sheraton Surabaya Hotel & Towers dengan menu nasi pecel bandeng. Kategori dessert dimenangka­n chef internal JW Marriott Hotel Surabaya, Syalim, dengan menu bolu gulung. (esa/c14/jan)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? TAMPILAN BERUBAH: Nasi pecel bandeng kreasi chef Andi Hananto.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS TAMPILAN BERUBAH: Nasi pecel bandeng kreasi chef Andi Hananto.
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? TIDAK GROGI: Para bloger Surabaya mengabadik­an jalannya kompetisi Game of Stoves di main kitchen JW Marriott Hotel Surabaya kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS TIDAK GROGI: Para bloger Surabaya mengabadik­an jalannya kompetisi Game of Stoves di main kitchen JW Marriott Hotel Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia