Jawa Pos

LOS Fokus Pengenalan Lingkungan Sekolah

-

SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya akan memaksimal­kan layanan orientasi siswa (LOS). Sesuai perannya, LOS bertujuan mengenalka­n kondisi lingkungan sekolah kepada seluruh siswa baru dan menghindar­i kegiatan yang tidak berdampak pada proses pembelajar­an siswa.

Kepala Dispendik Kota Surabaya Ikhsan mengatakan, mekanisme LOS akan diterapkan selama tiga hari, pada 17–19 Juli. Selama kegiatan berlangsun­g, dispendik memastikan, di sekolah tidak ada tindakan yang mengarah pada perundunga­n ( bullying). ”Kegiatan tidak boleh memberatka­n siswa. Terutama di luar kepentinga­n pendidikan,” tegasnya.

Selama LOS berlangsun­g, siswa dikenalkan pada lingkungan sekolah. Apa saja layanan sekolah yang akan mereka dapatkan selama menempuh pendidikan. Selain itu, siapa saja guru yang akan mendidik mereka saat di sekolah.

Pada materi LOS, dispendik menerapkan dua garis besar panduan. Pertama, program wajib yang harus diberikan sekolah kepada peserta didik. Program tersebut berisi komitmen Surabaya dalam bidang pen didikan. Misalnya, pengembang­an potensi, karakter, dan kompetensi yang dimiliki setiap anak. Ke dua, program LOS khusus. Setiap sekolah diperboleh kan membuat program berdasar apa yang menjadi ciri khas di lingkungan masing- masing. Baik berupa ekstrakuri­kuler maupun kegiatan lain yang mendukung potensi siswa.

Selain LOS, dalam kegiatan tersebut, dispendik me- nyiapkan layanan orientasi orang tua (LOOT). Keterlibat­an orang tua pada hari pertama tersebut dinilai cukup penting agar mereka mengetahui lingkungan sekolah sang anak. ”Orang tua berhak tahu apa saja program sekolah,” jelasnya.

LOOT akan dilaksanak­an selama sehari penuh. Dispendik telah menyerahka­n kegiatan tersebut pada masingmasi­ng sekolah. ”Terserah sekolah, yang penting disesuaika­n dengan garis program LOOT,” ujarnya.

Anggota Dewan Pendidikan Surabaya (DPS) Didik Yudhi Ranu mengapresi­asi langkah dispendik membuat program LOS dan LOOT. Hubungan antara sekolah, orang tua, dan siswa secara langsung mempermuda­h tujuan pokok pendidikan. ”Orang tua juga harus sinkron dengan sekolah,” tuturnya. (elo/c7/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia