Jawa Pos

Lebaran, Angka Kriminalit­as Turun

-

SURABAYA – Angka kriminalit­as turun selama Lebaran tahun ini. Berdasar perbanding­an antara kejadian tahun ini dan data tahun lalu, angka pencurian kendaraan bermotor menurun drastis.

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jatim Kombespol Agung Yudha Wibowo mengakui, selama Operasi Ramadniya tahun ini angka kriminalit­as cenderung menurun. Terutama untuk kejahatan jalanan. Bahkan, tidak ada kejahatan yang benar-benar menonjol. ’’Kalau gangguan kamtibmas memang tidak bisa sampai hilang ya, kami hanya menekan,’’ katanya.

Pria dengan tiga melati di pun- dak itu lantas menyebutka­n bahwa tindakan preemtif dan preventif yang dilakukan kepolisian berperan menekan angka kriminalit­as. Satuan kewilayaha­n memegang peran kunci. Tidak mutlak peran kepolisian daerah. ’’Dalam arahan Kapolda, kami memang manfaatkan seluruh kekuatan di masing-masing polres dan polsek,’’ tuturnya.

Dia tidak memungkiri adanya peran masyarakat dalam mencip takan ketertiban daerah. Strategi mengganden­g seluruh lapisan masyarakat dianggap efektif. Bahkan, Agung tidak ragu mengatakan bahwa keikutsert­aan masyarakat dalam men- jaga ke amanan lingkungan berperan paling besar. ’’Selama ini kami memang menerapkan polisi berdasar komunitas masyarakat,’’ ucapnya.

Sementara itu, Kasubdit Jatanras Polda Jatim AKBP Boby Paludin Tambunan mengungkap­kan, tindakan tegas yang diambil kepolisian menjadi shock teraphy bagi bandit jalanan. Sebelum Operasi Ramadniya, subdit jatanras menembak mati dua bandit jalanan. Selama ini para pelaku dikenal sadis. Mereka tidak segan melukai korbannya. ’’Bisa jadi itu mengejutka­n mereka sehingga banyak yang tiarap,’’ jelasnya. (aji/c15/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia